WARNA HILANG JADI HITAM PUTIH SEBAGIAN SIARAN TV

Mungkin ini yang anda cari juga!

Pada masalah ini saya mendapatkan tv merek FUJI ELEKTRIC 21'' model baru yaitu yang menggunakan ic oscilator LA76810A/ la76818 yang sering di katakan fuji china,,,, pertama kasus dari tv ini adalah tidak dapat siaran,, setelah saya cek  bagian siarannya yaitu pada tegangan 33voltnya ternyata tidak ada,,,,,, dan yang rusak hanyalah solderannya saja,,,, stelah saya solderin semua,,, saya hidupkan lagi tu tv,,, auto search,,,,, dapat semua siarannya,,,,,,( dah senang nehhh masalah dah clear dalam hati),,,, egh ternyata setelah selesai pencarian timbul masalah baru,,,, yaitu ada beberapa siaran tv tidak ada warnanya,,,, hitam putih doank,,,, kayak tv jaman dulu......wahhh mulai pusing neh,,,,,, karena saya paleng males dapat tv rusak bagian siaran,,,,,  saya stel trafo IF nya yang no 6019  masih saja begitu ,, hitam putih jg ,trus saya ganti traf IFnys lagi,,, masih gtu juga,,,,,, saya ganti tunernya,,,, gtu juga,,,,, sofilternya saya ganti juga begitu juga,,,,, tambah pusing neh,,,,, apa lah rusak ne tv,,,,, akhirnya saya ganti tu IC osilatornya,,, LA76810A,,,, saya solder,,,, pasang semua,,,, cari siaran secara auto search lagi.... stelah selesai pencarian ,,,, saya cek semua siaran ada warnanya,,,,,,  alhamdullillah selesai,,,,,, semoga dapat membantu teman2 teknisi,,, komentar sangat saya harapkan,,,,,

27 komentar:

  1. Balasan
    1. trimakasih gan udah mampir, sama sama belajar kita gan, senang bisa membantu...

      Hapus
  2. Crystal yg deket ic la76818 itu nilainya berapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baru saja beli..hanya indosiar yang gak berwarna.. kenapa ya bang..baru datang tvnya..antena di dalam rumah

      Hapus
    2. antena indoor kadang kurang kuat bg, coba tes antena outdoor, karena system tv saat ini jika sinyal kurang kuat dia akan menjadi hitam putuh tanpa warna siarannya

      Hapus
  3. klo tv saya , klo chanel net tv item putih , tp yg lainya engga , knp ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. trafo if nya coba diganti gan, jika masih juga, ganti juga saw filterna gan...

      Hapus
    2. Tv saya pun gitu juga siaran net hitam putih tv sharp

      Hapus
    3. pastikan sinyal tv anda bagus gan. antena bagus. terkadang arah antena juga mempengaruhi siaran. karena sinyal lemah jadi tv tidak berwarna

      Hapus
  4. klo tv saya , klo chanel net tv item putih , tp yg lainya engga , knp ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah sinalnya kuat gan? jika kuat periksa bagian if nya.... dan osilatornya

      Hapus
    2. Oo jadi liat sinyalnya dulu yaa gan ? Saya antena dalem

      Hapus
    3. iya gan pastikan sinyal kuat, biasa kalo system gambar tv sekarang jika siaran gk bagus gambar akan jadi hitam putih, dan kadang dibarengi efek gambar yang bergelombang.atau berbayang. ini sering terjadi pada penggunaan antena indor.

      Hapus
  5. Ini yang saya cari dari kemarin min, akhirnya ketemu juga problemny a
    https://www.bukalapak.com/p/elektronik/elektronik-lainnya/2ymw63-jual-solder-uap-blower-cody-909d-4in1-digital



    CODY***GARANSI SELAMANYA***
    + HARGA DIJAMIN LEBIH MURAH +
    + JASA SERVIS PASTI LEBIH CEPAT +

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih gan sudah mampir. semoga bisa membantu masalah anda..... jika ada pertanyaan silahkan komen di komentar....

      Hapus
  6. Ass mas sama sy jg tv sblm sy bongkar normal setelh ttp kasing d pasang chnel hilng sy auto set.manual chnel ada tp yg ada warna cmn tv tvri aj apkah kira2 ap iy trimkah

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba solder ulang bagian ic chroma dan osilator serta bagian tuner, mungkin saat penutupan cassing ada yg tertekan

      Hapus
  7. Kalo dari 13 channel ad satu channel yg ga ada warna (hitam putih) itu masalah dari tv atau penyedia channel nya ya? Kualitas channel nya udh bagus jadi bukan gabur

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini agan, tv kabel atau antena? jika antena kemungkinan booster tidak beres. apakah sesekali ada kayak siaran bergeser gitu? dan siaran tv apa yg hitam putih?

      Hapus
  8. Tv Akari sy progrm auto...bisa nangkap tp yg berwarna cuma mnctv yg lain hitam putih ... apanya ya ms ? Mksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini sinyalnya kuat atau tidak bg? kalau sinyal gk kuat mau dia cuma hitam putih, karena gk cukup siarannya, jika siaran di manual bagus, sinyal sempurna, tidak ada semut, tetapi gambar hitam putih, cek system warnanya, gunakan pal atau auto .jika system warna oke, cek spul IF nya, tetapi jika tidak gunakan spul IF, cek sawfilternya dan tuner. jika semua oke ganti ic oscilatornya.

      Hapus
  9. TV saya ada satu channel yang tidak berwarna, sedangkan yang lain berwarna, padahal dulu baik² aja.. Saya pakai antena outdoor, kenapa ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan untuk arah pemancar itu kurang bg, dan sinyalnya kurang kuat

      Hapus

berkomentarlah yang baik dan benar agar dapat membantu sesama, komentar akan saya balas di hari kerja dan jam kerja. jika komentar anda tidak saya balas berarti saya tidak bisa membalasnya dikarenakan saat dibalas tidak muncul komentar anda di postingan saya. mohon berkomentar lagi sampai saya balas. trimakasih, dan harap dimaklumi