Kipas angin tidak mau berputar

Mungkin ini yang anda cari juga!

kipas anda mati mendadak atau tidak berputar? berikut ini cara cepat menanganinya...
Penanganan  jika kipas angin tidak berputar yaitu:

1. Periksa sumber listrik, apakah ada arus listrik atau tidak, pemeriksaan meliputi kabel koneksi antara kipas ke stop kontak, pastikan arus listrik sampai ke saklar kipa
s tersebut sebesar 220volt

2. Periksa saklar kipas tersebut pastikan arus listrik lewat pada saklar tersebut, baik pada kecepatan satu, dua, dan tiga. dan sampai ke kumparan motor listrik.

3. jika kipas hanya berdengung dan motor tidak berputar, maka putarlah rotor motor kipas tersebut,(kipasnya putar) jika berat maka bersihkan rotor as motor tersebut. dan hidupkan kembali, jika sudah normal maka masalah selesai, jika belum dan masih berdengung  maka ganti kapasitor tersebut sesuai dengan nilai yang tertera pada capasitor tersebut, atau pun lebih tinggi diatasnya.

4. jika langkah 1 dan 2 tidak ada masalah, dan motor tidak ada berdengung atau bergetar, maka lanjut periksa ke bagian kumparan, didalam bagian kumparan terdapat sebuah thermofuse yang berfungsi sebagai pengaman panas berlebihan pada kumparan kipas tersebut. thermofuse ini terletak pada bagian sambungan kabel antara kawat email, maka kita untuk mengetahuinya posisi letaknya harus mebuka sedikit kumparan tersebut, jika sudah ketemu thermofuse tersebut. priksa apakah masih nyambung atau tidak, sebaiknya periksa menggunakan alat ukur multimeter untuk keakuratannya. jika putus gantila dengan yang baru yang sesuai nilai derajat yang tertera. tidak disarankan menyambung langsung karena hal ini dapat membahayakan . jika sudah, pasang seperti semula, pastikan sambungan semua tidak ada yang putus. karena jika ada yang putus motor tetap hidup, tapi putaran tidak kuat dan harus dibantu kita putar dulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berkomentarlah yang baik dan benar agar dapat membantu sesama, komentar akan saya balas di hari kerja dan jam kerja. jika komentar anda tidak saya balas berarti saya tidak bisa membalasnya dikarenakan saat dibalas tidak muncul komentar anda di postingan saya. mohon berkomentar lagi sampai saya balas. trimakasih, dan harap dimaklumi