Polytron 21 inch slim kedip kedip

Mungkin ini yang anda cari juga!




          Tv merek polytron emang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya, bahkan merek ini sudah menjadi merek favorit di indonesia, semu produk produk polytron bnyak disukai oleh masyarakat indonesia di bidang audio, suara yang dihasilkan oleh merek ini sangat bagus dan mantap enak bass nya bagi penyuka musik. Namun yang kita bahas disini adalah produk televisinya. nah ini yang dibahas tentang kerusakan yang terjadi pada televisi polytron type 21 inch slim yang umum terjadi pada type ini.

    Pada awalnya kerusakan tv yaitu lampu standby berkedip kedip, seolah olah mau start tapi tidak jadi start seperti kurang tegangan pada regulatornya. Nah langkah selanjutnya
pastinya kita periksa bagian regulator dan mengukur semua tegangannya seperti tegangan B+ tegangan 5V nya, buka casing tv tersebut dan setelah melakukan pengukuran ternyata tegangan B+ sekitar 70V nah ini tentunya tidak normal, karena tegangan normal itu 115 V nah masalah sudah ketemu satu, dan periksa ke tegangan 5 volt nya ternyata tegangan ada tapi tidak stabil, naik turun 5 voltnya. setelah melakukan pergantian elco dan melakukan penyolderan ternyata masih juga begitu, masih main mata kedip kedip lampu pilotnya.

        Setelah melakukan penyolderan ulang dan penggantian elco yang dilihat kering, maka inspeksi dilanjutkan ke bagian adjust regulator nah setelah melakukan pengecekan ternyata ada komponen yang agak diragukan yaitu IC KA431, ic ini berfungsi sebagai adjust ke regulator switching setelah melakukan pengukuran ic ini agak terjadi short. maka saya ganti dan melakukan test, teryata tegangan sudah normal, oh ya biasa saya melepas kaki basis driver horizontal agar tv tidak start langsung saat di colokan ke listrik. setelah normal tegangan baru saya sambung kembali kaki basis tersebut. nah kini masalah sudah teratasi dan sumber masalahnya pada ic ka431.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berkomentarlah yang baik dan benar agar dapat membantu sesama, komentar akan saya balas di hari kerja dan jam kerja. jika komentar anda tidak saya balas berarti saya tidak bisa membalasnya dikarenakan saat dibalas tidak muncul komentar anda di postingan saya. mohon berkomentar lagi sampai saya balas. trimakasih, dan harap dimaklumi