Analisa kerusakan dvd player mati total

Mungkin ini yang anda cari juga!

Kerusakan utama yang membuat orang orang bingung adalah mati total(matot) kerusakan ini menimbulkan banyak prangsangka dan prasangka kerusakan pada dvd, maka dari hal itu kita harus menganalisa kerusakan yang menyebabkan kerusakan itu. Berikut adalah langkah langka menganalisa kerusakan sebuah DVD player

DVD Player

1. Bagian listrik tegangan tinggi 

Yang dimaksud bagian listrik tegangan tinggi disini adalah
listrik 220V dari sumber, Diawali dengan memeriksa steker, kabel steker, saklar dvd dan memastikan tegangan 220Volt sampai ke modul board power supply yang dapat dilihat pada gambar dibawah ini:
power supply dvd

Ada dua socket yang berada pada lingkaran merah, pada nomor 1 merupakan socket saklar dan no 2 merupakan konektor listrik atau sebaliknya, dari sumber listrik melalui kabel stecker. disini kita misalkan kotak no 1 sebagai konektor saklar dan kotak no 2 konektor dari listrik. periksa saklar apakah masih bagus atau tidak dengan menggunakan avometer pada skala x1 atau buzzer (saya anggap sudah mengerti memakai avometer) dan kabelnya juga. jgn lupa lepaskan dulu dari sumber listrik stekernya. agar tidak kesetrum.periksa aliran listrik pada konektor 2 dan periksa juga setelah melewati Fuse(sekring) dan pastikan tegangan 220volt ada. jika skring putus maka rangkaian pada regulator ini rusak biasanya kerusakan pada IC. atau pada komponen lainya.lakukan pemeriksaan sedetail mungkin.jika rusak gantilah dengan modul powersupply baru agar tidak repot atau mengganti IC nya.

2. Bagian listrik tegangan rendah

Pada bagian ini ditunjukan pda kotak besar warna merah pada gambar diatas. periksa tegangan dan pastikan tegangan 5Vdc, 12Vdc dan -12Vdc. jika tidak ada berarti bagian ini rusak. oh ya terlebih dahulu lepaskan socket ke mpeg dvdnya agar mengetahui short atau tidak empegnya.

3. Mpeg DVD

Dibagian mpeg ini periksa konektor tegangan 5,12,-12 tadi dulu terlebih dahulu. dan pastikan ada. jika dipasang konektor tadi tegangannya ngedrop atau hilang periksa komponen aktif pada empeg tersebut. biasa kerusakan pada IC mpeg, dioda atau transistor atau fuse pada mpeg.

mpeg dvd

Nah disinilah pemeriksaan yang biasa lama, karena semua komponen adalah komponen SMD kecil kecil dan harus penuh dengan ketelatenan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berkomentarlah yang baik dan benar agar dapat membantu sesama, komentar akan saya balas di hari kerja dan jam kerja. jika komentar anda tidak saya balas berarti saya tidak bisa membalasnya dikarenakan saat dibalas tidak muncul komentar anda di postingan saya. mohon berkomentar lagi sampai saya balas. trimakasih, dan harap dimaklumi