Cara mengukur dioda zener dan dioda biasa

Mungkin ini yang anda cari juga!

Dioda zener umumnya digunakan untuk penstabil ataupun pengaman didalam sebuah rangkaian, dalam pengaplikasiaanya dan penggunaanya dioda sering terjadi kerusakan. Terkadang kita bingung cara mengukurnya untuk menetapkan rusak atau tidak, nah didalam artikel ini akan membahas tentang cara mengukur dioda zener dengan menggunakan multitester analog. yang saya sangat suka menggunakan analog ketimbang digital untuk memeriksa kerusakan peralatan elektronik. langkah langkahnya untuk mengukur dioda zener yaitu:

1. Siapkan multitesternya dahulu dan pastikan tester tersebut dalam keadaan sehat.

2. Pindahkan skala tester di skala 1k dan kalibrasi sebelum digunakan

3. Lepaskan dioda zener tersebut dari pcb atau sebelah kaki juga bisa yang mana nyaman anda tuk           mengerjakannya.

4. mulai melakukan pengukuran yaitu letakkan probe ke dua kaki dioda zener tersebut maka akan jalan tetapi tidak sampai nol, dan balik prob nya maka harus jalan sedikit, maksudnya naik sedikit saja jarumnya. jika dalam pengukuran diluar kondisi ini maka dioda zener tersebut rusak.

5. untuk pengukuran dioda biasa sangat mudah kita bisa menggunakan skala di tester mulai dai 1 sampai 10k jika di gunakan keakuratan sebaiknya menggunakan skala tertinggi karena pengukuran dioda biasa yaitu letakan probe ke kedua kaki dioda (jangan lupa dilepas dulu ya dari pcb) maka harus bergerak dan dibalik prob harus tidak bergerak jarum testernya.

pengukuran ini tidak berlaku untuk komponen yang kerusakannya karena jenuh, krena komponen jenuh biasanya jika di ukur dalam keadaan baik dan jika dipasang menjadi rusak,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berkomentarlah yang baik dan benar agar dapat membantu sesama, komentar akan saya balas di hari kerja dan jam kerja. jika komentar anda tidak saya balas berarti saya tidak bisa membalasnya dikarenakan saat dibalas tidak muncul komentar anda di postingan saya. mohon berkomentar lagi sampai saya balas. trimakasih, dan harap dimaklumi