TV Furichi keluar asap dan bau terbakar

Mungkin ini yang anda cari juga!

Dikasus yang terjadi di artikel ini yaitu pada televisi merek furichi 21'' dapat dilihat di gambar berikut
tv furichi


tv furichi

gejala yang terjadi yaitu tv bisa distart namun gambar tak tampak. dan setelah beberapa saat terdengar suara percikan dan bau terbakar. dan makin lama makin bau dan mengeluarkan asap.
setelah melakukan pembongkaran dan pemeriksaan maka didapati komponen yang terbakar akibat dari kebocoran komponen tersebut. dikasus ini yang bocor yaitu trafo flyback nya yg bernomor BSC-T1010A pada bagian ujung trafo yg dekat inti ferit. dan menyambar ke conector horizontal dan vertikal. penyebab kebocoran ini biasanya karena lembab atau komponen yang sudah uzur... dan elco tegangan b+ sudah kering atau bocor sehingga teganganya tidak stabil dan merusak flyback. berikut adalah gambar flybacknya:

bsc-t1010a

bsc-t1010a

bsc-t1010a
bsc-t1010a



setelah melakukan pergantian flyback tv dihidupkan dan normal kembali. dan setelah normal jgn lupa periksa elco kering dan ganti agar tv lebih oke dan tahan lama setelah diservice. solderan jangan lupa juga dirapikan agar tiada keretakan akibat panas.

8 komentar:

  1. habis berapa perbaikinya, punyaku TV GIATEX juga keluar asap, gambar sebelum mati tivnya agar buram, lalu bunyi percikan dan akhirnya mati.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk masalah biaya perbaikan gan, harus diperiksa dulu komponen apa yang rusak, dan pastinya disetiap daerah beda beda harga komponen dan biaya jasanya. untuk masalah biaya sebaiknya agan konsultasi dengan teknisi elektronik terdekat.

      Hapus
  2. Kasus sama gan gambar masih oke tapi tiba2 keluar asap TV DIGITEC kira2 apanya ya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. buka dulu gan cover tv tersebut, untuk sumber asap bnyak yg berpotensi mengeluarkan asap. jadi buka dan periksalah dulu. setelah dibuka, tes hidup. pasti keliatan

      Hapus
  3. TV LG flat juga keluar asap,tpi gambar dan suara masih nyala,eh tv sony tabung juga sekarang kaya bunyi kbakar aku intip kaya ada api di bagian bawah

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin itu dari kop flybacknya bg, bisa dibersihkan atau diganti karet kop flybacknya jika sudah lembab atau bocor

      Hapus
  4. Router wifi bsa jadi penyebab TV kluar asap ga ya?

    BalasHapus

berkomentarlah yang baik dan benar agar dapat membantu sesama, komentar akan saya balas di hari kerja dan jam kerja. jika komentar anda tidak saya balas berarti saya tidak bisa membalasnya dikarenakan saat dibalas tidak muncul komentar anda di postingan saya. mohon berkomentar lagi sampai saya balas. trimakasih, dan harap dimaklumi