Tv votre gambar putih dan blur

Mungkin ini yang anda cari juga!

Permasalahan hal seperti ini biasa terjadi pada televisi buatan cina. dan bnyak terjadi bila pemakaian televisi sudah lama disamping tombol tombol yg mulai ngaco. ditekan lain muncul lain... nanmun dipembahasan ini hanya pada tv votre yg rusaknya gambar putih dan blur dapat dilihat di gambar dan video berikut ini:
votre
tv votre gambar putih



Setelah pemeriksaan maka didapati sebuah komponen yg sudah kering dan kakinya sudah berkapur yaitu elco(elektrolit condensator) pada bagian video, yg biasa temen temen tuser bilang elco video yang nilainya 10uF/250V dapat dilihat pada gambar dibawah ini:
elco 10uF/250V
pada gambar ini sudah saya ganti elconya

elco 10uF/250V
pada gambar ini sudah saya ganti elconya

elco 10uF/250V
elco 10uF/250V
pada gambar diatas terlihat jelas letak dan nilai elconya. setelah pemasangan elco yg baru dan tv dihidupkan gambar masih tidak focus alias blur. dan dari itu mulai melakukan pengecekan ke socket CRT  dan ternyata tv ini menggunakan dua focus. 
letak socket crt
socket CRT

setelah pemeriksaan ternyata kabel focus ada berkapur. dan langsung saja dipotong dan solder baru lagi. dan hidupkan normal lagi. jadi dalam permasalahan kerusakan tv ini yaitu pada elco video dan socket CRT. itulah masalah utama. dan sebaiknya disarankan jika service ganti saja semua elco yg terlihat kering. agar tv taahan lama dan tidak balik lagi dengan masalah yang lain.


7 komentar:

  1. Terimakasih atas ilmux semoga berkah dan manfaat untuk kita semua ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika agan ingin menambahkan atau ada yang salah dengan postingan saya mohon dikoreksi dan diberitahu salahnya.. agar tidak terjadi kesalahan yang berlanjut... terimakasih banyak gan

      Hapus
  2. Pernah ku alami layar blank putih...yang di alami kebetulan kabel 180v nya tidak nyambung yg board utama ke pcb yg di crt

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan, karena tidak bekerja rgb, tegangan hilang

      Hapus

berkomentarlah yang baik dan benar agar dapat membantu sesama, komentar akan saya balas di hari kerja dan jam kerja. jika komentar anda tidak saya balas berarti saya tidak bisa membalasnya dikarenakan saat dibalas tidak muncul komentar anda di postingan saya. mohon berkomentar lagi sampai saya balas. trimakasih, dan harap dimaklumi