Cara menghilangkan tegangan flyback yang masih tersisa di tabung tv

Mungkin ini yang anda cari juga!

kop flyback
tabung tv
Pada gambar diatas sudah saya beri tanda dan keterangan berupa tanda panah dan angka. untuk menghilangkan tegangan yang tersisa di tv yang berada di flyback pada tabung tv ada cara mudah untuk menghilangkannya. karena jika tidak dihilangkan jika nanti dilepas dan terkena ke komponen lain yang vital maka bisa merusaknya seperti ic micom dan croma, krena komponen ini sangat sesitif. nah maka dari itu sebelum kita melepas mesin  saat kan kia service itu tv kita harus menghilangkannya terlebih dahulu agar aman. langsung saja begini cara menghilangkanya:


Pertama siapkan probe avometer boleh hitam atau merah.. yang mana saja boleh yang penting masih oke dan berfungi.

Kedua selipkan probe avo yang ujung yang biasa di konekkan ke terminal avometer. ke angka 2 pada gambar diatas pada kabel grounding tabung. dan pastikan benar benar terhubung dengan kabel tersebut.dan biarkan terehubung terus atau tersangkut terus.

Ketiga pada ujung yang satu lagi tusukkan kedalam kop flyback melalui sela kop tabung sampai mengenai konektor flyback yang nempel ke tabung pada tanda panah yang saya beri angka 1. jika masih ada tegangan maka akan terdengar suara percikan listrik. setelah dihubungkan beberapa kali dan dipastikan sudah tidak ada lagi tegangan yang tersisa maka lepaslah kop tersebut. gamapng caranya cukup ditekan socket kesamping kop agar tidak mengait lagi ke konektor tabung.

keempat setelah terlepas hubungkan atau tempelan lagi ujung flyback ke ferit flyback agar benar benar aman dan hilang.

Setelah itu barulah mulai mencopot yang lainnya. sekian trimakasih jika masih bingung mohon komen dibawah. dan gambar dibawah bisa membantu
kop flyback
memasukan probe ke kop flyback 

grounding tabung
menghubungkan probe ke grounding tabung 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berkomentarlah yang baik dan benar agar dapat membantu sesama, komentar akan saya balas di hari kerja dan jam kerja. jika komentar anda tidak saya balas berarti saya tidak bisa membalasnya dikarenakan saat dibalas tidak muncul komentar anda di postingan saya. mohon berkomentar lagi sampai saya balas. trimakasih, dan harap dimaklumi