Cara mudah menentukan kaki basis transistor menggunakan multitester analog

Mungkin ini yang anda cari juga!

TRANSISTOR
transistor
TRANSISTOR
Untuk menentukan kaki basis transistor caranya sangat mudah, yaitu cukup dengan
multitester analog saja, multitester jarum yang dari dulu jadi favorit digunakan tuser nah untuk menetukan mana yang basis dan mana yang colector atau emitor. nah yang dibahas disini adalah pencarian kaki basis transistor.langsung saja begini caranya:

Pertama siapkan multitester analog anda dan transistor yang akan dicari mana kaki basis nya. sebagai contoh penjelasan kita pakai gambar diatas yang pada kakinya sudah saya beri nomor.

Kedua letakan tester anda pada posisi ohm meter biasa saya menggunakan x1 saja sudah cukup.

ketiga letakan salah satu probe, misalkan pada gambar diatas kita letakan probe hitam ke angka"1"dan tetep nempel dan yang satu probe lagi kita letakkan ke kaki ''2'', dan lepas lalu ke kaki ''3'' jika kaki 1 bergerak terhadap kaki 2 dan kaki 1 bergerak terhadap kaki 3 maka itulah kaki 1 kaki basis transistror tersebut.  pada intinya kaki basis akan bergerak terhadap kedua kaki emitor dan colector. dan jika tidak bergerak maka pindah lah ke kaki berikutnya dan lakukan seperti cara kaki 1 tadi. jika sudah dipindah masih belum ada bergerak terhadap semua kaki transistor, maka ganti yang semula probe hitam ganti dengan probe merah, dan lakukan seperti langkah tadi. karena merah atau hitam yg menjadi patokan untuk type transisitor tersebut type NPN atau PNP. 

sekian terimakasih. kalo masih belum jelas silahakan komen. kalo masih kurang silahkan tambahkan di komen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berkomentarlah yang baik dan benar agar dapat membantu sesama, komentar akan saya balas di hari kerja dan jam kerja. jika komentar anda tidak saya balas berarti saya tidak bisa membalasnya dikarenakan saat dibalas tidak muncul komentar anda di postingan saya. mohon berkomentar lagi sampai saya balas. trimakasih, dan harap dimaklumi