Tv tidak ada raster saat auto search siaran

Mungkin ini yang anda cari juga!

Kejadian ini terjadi pada mesin tv china. ketika kita hendak melakukan pencarian siaran secara otomatis ataupun manual search. saat pencarian tidak ada rasternya atau bintik hitam putih kayak semut yang sering dibilang orang orang dan siaran pun tidak dapat dan biru saja. nah setelah dibongkar tv ini mengunakan mesin tv cina yang menggunakan ic osilator LA76818A dapat dilihat seperti gambar dibawah ini:


LA76818A
LA76818A
Setelah melakukan pengecekan ada tegangan 5 volt yang hilang yang mengarah ke ic osilator menuju kaki 8 di osilator. setelah melakukan pemeriksaan dan ternyata ada lilitan yang rusak atau putus. Kenapa bisa Putus? lilitan ini adalah sebagai pengaman tegangan ke ic osilator. nah mungkin ada lonjakan atau tidak stabil tegangannya atau arus berlebih. nomor lilitan di pcb nya yaitu L102 dekat area tuner. sebelah sawfilter. dan dapat dilihat pada gambar dibawah ini
L102
L102
 Dibawah ini adalah penampakan dari lilitan tersebut, bentuknya seperti resistor tapi bukan resistor satuan dari lilitan adalah "mH" (mili henri)


L102
lilitan L102
Setelah melakukan pergantian tv sudah ada raster dan siaran sudah dapat. dan inilah masalahnya karena tegangan 5v tidak sampai ke osilator. sekian terimakasih... (WW)


2 komentar:

berkomentarlah yang baik dan benar agar dapat membantu sesama, komentar akan saya balas di hari kerja dan jam kerja. jika komentar anda tidak saya balas berarti saya tidak bisa membalasnya dikarenakan saat dibalas tidak muncul komentar anda di postingan saya. mohon berkomentar lagi sampai saya balas. trimakasih, dan harap dimaklumi