Cara mengukur potensiometer

Mungkin ini yang anda cari juga!

Potensio meter  ini sering dibilang orang volume, karena kebanyakan digunakan untuk volume sebuah ala elektronik ataupun penyetelan lainnya. potensio merupakan resistor variabel yang nilainya bisa berubah ubah tahanannya yang satuannya ohm.cara mengukurnya yaitu:


potensio meter
potensiometer 
cara mengukurnya yaitu pertama kita tentukan dulu skala di avometernya sesuaikan dengan nilai yang tertera dibadan potensio tersebut. sebagai contoh pada gambar diatas tertera 50K berarti bernilai 50000 ohm atau 50K ohm. unuk pengukuran potensio diatas kita bisa menggunakan skala 1k atau 10k mana yang enak anda baca nanti. sebelum digunakan avometer harus dikalibrasi dulu ke posisi nol sebelah kanan. dengan menyatukan probe lalu adjust sehingga menjadi nol.setelah itu baru proses pengukuran. carana dengan letakan probe ke ujung ujung kaki potensio. pada gambar diatas pada kaki 1 dan 3 maka dia akan menunjuk sesuai dengan nilai yang tertera yaitu 50k. dan selanjutnya letakan salah satu probe ke kaki tengah yaitu pada kaki 2 dan putar potensio maka jarum akan bergerak antara 0-50k . untuk lebih jelas dapat dilihat di video berikut:









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berkomentarlah yang baik dan benar agar dapat membantu sesama, komentar akan saya balas di hari kerja dan jam kerja. jika komentar anda tidak saya balas berarti saya tidak bisa membalasnya dikarenakan saat dibalas tidak muncul komentar anda di postingan saya. mohon berkomentar lagi sampai saya balas. trimakasih, dan harap dimaklumi