cara mengukur transistor horizontal

Mungkin ini yang anda cari juga!


TRANSISTOR HORIZONTAL
Transistor horizontal  berbeda dengan transistor biasa, didalam transistor ini terdapat resistor pada kaki basis dan emitor, dioda pada kaki colector dan emitor.maka dari itu pengukurannya sedikit berbeda seperti kita mengukur dalam suatu rangkaian langsung saja gimana cara mengukurnya:


disini kita menggunakan avometer analog pada skala 1x langsung saja anda pegang probenya letakan salah satu probe ke kaki 1(lihat gambar diatas) dan probe satunya lagi ke kaki 2 dan geser ke kaki 3 makah antara 1-2 jarum bergerak, 1-3 jarum bergerak nahini kaki antara basis ke colektor aman dan basis ke emitor aman jarum menunjuk kearah kanan banyak tp tidak short alias masih ada tahanannya dan selanjutnya pindahkan probe ke kaki 2 dan satunya lagi ke kaki dua disini kita mengukur dioda yang ada didalam transistor tersebut. antara kaki 2 dan 3 maka harus jarum menunjuk dan dibalik harus tidak menunjuk. dan yg terakhir kita ukur resistor antara kali 1-3 nah disini probe letakan pada kaki 1 atau 3 dan jarum menunjuk dikit dan dibalik menunjuk biasa seperi kita ukur kaki 1-2, 1-3 .
untuk hasil maksimal sebaiknya cabut komponen dalam pengukuran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berkomentarlah yang baik dan benar agar dapat membantu sesama, komentar akan saya balas di hari kerja dan jam kerja. jika komentar anda tidak saya balas berarti saya tidak bisa membalasnya dikarenakan saat dibalas tidak muncul komentar anda di postingan saya. mohon berkomentar lagi sampai saya balas. trimakasih, dan harap dimaklumi