Cara cek sensor remote tv

Mungkin ini yang anda cari juga!

TV tidak dapat menerima ir dari remote tv, atau tidak sensitif lagi bahkan tidak bisa lagi pakek remote, selain kerusakan di remote tvnya sendiri ada juga yang rusak pada sensor rempte nya yang di tv. cara ngeceknya adalah sebagai berikut. perhatikan gambar dibawah ini, yang merupakan catatan saya,

sensor remote
sensor remote 


jika sudah ngerti dengan gambar diatas ya tidak perlu baca lebih lanjut, berikut adalah keterangan dari catatan saya diatas.disini kita menggunakan avometer analog, pada skala x1, jangan lupa terlebih dahulu dikalibrasi ya avometernya, lanjut keterangan dari gambar diatas adalah:

  • H= Probe hitam avometer dan M= Probe merah avometer
  • G= Ground(-), 5V=vcc dan IR=output, data
  • Pengukuran pertama ground terhadap vcc tahanannya skitar 10 ohm
  • Pengukuran kedua ground terhadap IR skitar 25 ohm
  • Pengukuran ketiga IR terhadap vcc skitar 55 ohm
  • dipengukuran diatas probe hitam di ground
  • pengukuran diatas berlaku untuk type SM 0038
bila sensor tidak type seperti diatas maka berlaku tahanan IR lebih besar daripada tahanan 5v(vcc) dan IR menunjuk terhadap 5V(Vcc)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berkomentarlah yang baik dan benar agar dapat membantu sesama, komentar akan saya balas di hari kerja dan jam kerja. jika komentar anda tidak saya balas berarti saya tidak bisa membalasnya dikarenakan saat dibalas tidak muncul komentar anda di postingan saya. mohon berkomentar lagi sampai saya balas. trimakasih, dan harap dimaklumi