cara merawat komputer dan laptop agar tetap awet

Mungkin ini yang anda cari juga!

Menurunya kinerja laptop atau komputer membuat kita malas menggunakannya apa lagi disaat kita sangat membutuhkannya disaat waktu waktu deadline pekerjaan atau tugas kuliah, hal ini karena kita tidak memperhatikan kesehatan dari laptop atau komputer tersebut, kita hanya menuntut komputer atau laptop kita sehat selalu tetapi kita lupa kewajiban untuk merawatnya atau melakukan perawatan bulanan untuk si komputer atau laptop tersebut, berikut ini adalah perawatan yang bisa kita lakukan sendiri untuk menjaga performa laptop atau komputer kita... yaitu...:


  • Suhu Processor
suhu processor sangat mempengaruhi kinerja laptop atau komputer anda, hindari suhu panas atau kurangnya pendinginan processor sebaiknya jaga suhu agar tetap normal. tidak melebihi panas wajar cek pasta processor secara berkala agar panas terserap oleh heatsink pendingin.
  • Jaga kebersihan kipas processor dan sirkulasi udara
Kebersihan pendingin processor sangat penting untuk membuang panas seraspan dari processor, jika banyak berdebu maka panas tidak terbuang sempurna, dan ini bisa memyebabkan over heating dan kadang bisa menyebabkan komputer mati mendadak karena kepanasan. 
  • Cleanup Disk
lakukan ceanup disk sesering mungkin agar tidak terlalu banyak sampah di disk anda, untuk menghindari penumpukan sampah dan file yang tidak digunakan.
  • Defragment Disk
Melakukan defragment minimal seminggu sekali agar file system tersusun rapi di disk, agar saat pemanggilan oleh system tidak lama, jadi kinerja tetap terjaga.
  • Update OS
Jadikan system OS anda selalu terupdate agar mendukung semua aplikasi terbaru dan keamanan terbaru agar tetep terlindungi dari virus.
  • Perhatikan isi Disk
Usahakan disk jangan penuh melebihi dari 80% karena dapat mengganggu kinerja komputer laptop anda, 
  • Gunakan Anti Virus
penggunaan antiviru dapat mencega mallware yang dapat membuat penuh memory ram anda, jadi agar tetep kinerja bagus gunakanlah antivirus yang terupdate agar system tetep terlindungi

demikina beberapa cara merawat laptop atau komputer anda agar tetep berkinerja baik,,, jika kurang mohon ditambahkan, jika dsalah mohon diberi kebenarannya dikolom komentar.

3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Komputer terkadang harus tetap di rawat tidak hanya nyalakan dan hidupkan saja, dengan ilmu kommputer ini saya jadi tahu bagaimana merawat kommputer dengan benar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga bermanfaat untuk anda, dan semoga komputer anda baik baik aja sehat selalu... dan anda juga.

      Hapus

berkomentarlah yang baik dan benar agar dapat membantu sesama, komentar akan saya balas di hari kerja dan jam kerja. jika komentar anda tidak saya balas berarti saya tidak bisa membalasnya dikarenakan saat dibalas tidak muncul komentar anda di postingan saya. mohon berkomentar lagi sampai saya balas. trimakasih, dan harap dimaklumi