Cara menambah RAM atau upgrade RAM laptop atau komputer

Mungkin ini yang anda cari juga!

Untuk mendapatkan kinerja maksimal dari laptop kita tentunya selain perawatan ada hal lain yang harus kita perhatikan, salah satunya adalah RAM(random acces memory) memory ini merupakan memory untuk pemrosesan program yang berjalan. untuk saat ini standar yang sering digunakan untuk laptop rata rata memiliki kapasitas 2GB, namun alangkah baik dan bagusnya jika di upgrade ram nya. langsung saja kita proses pencopotan ram pada laptop
ram laptop
lock ram

Pada gambar diatas ada saya beri tanda panah, itu mrupakan kunci dari slot ram. untuk membukanya geser kesamping secara bersamaan maka ram akan terangkat ketas.

socket ram
socket ddr3 laptop
Setelah kita copot perhatikan pada socket ram tersebut. disitu ada sebuah keterangan jenis ram. dapat kita lihat disitu tertera DDR3, berarti jenis ram nya DDR3 dan satu lagi dibawahnya ada tertera 1.5V ini merupakan tegangan kerja ram tersebut, nah tegangan ini lah yang sering diabaikan para pen upgrade ram. sekarang jenis ram ada dua yg HV dan LV yang HV merupakan singkatan dari High Voltage yang tegangan kerjanya 1.5V sedangkan LV singkatan dari Low Voltage yang tegangan kerjanya 1.35V. banyak orang menganggapnya sama, tetapi saya tidak. krena basic saya electronika. dalam elektronika sedikit volt pun ada efeknya.

ram laptop
ram ddr3 
Setelah kita lihat keterangan di port socketnya sekarang kita lihat di fisik ram yang lama. disitu tertera DDR3 4 GB PC-10600  nah inilah jenis type yang boleh dipasangkan. DDR3 jenis ram nya, 4GB kapasitasnya, dan PC-10600 merupakan clock dari ram tersebut.

nah jadi untuk mengupgrade ram laptop yang perlu kita perhatikan dan samakan adalah tegangan kerja, jenis ram nya, dan clock ram tersebut dan kemampuan processor maksimal ram nya bisa brapa, serta jika lebih dari 2 GB gunakanlah System Oprasi 64 bit. krena yang 32 bit hanya mampu skitar 3GB saja.sebelum mengupgrade sebaiknya ketahui dulu datasheet laptop anda. jika anda ingin mengaktifkan dual channel maka gunakan dua ram yang sama kapasitasnya jika slot ram ada dua. semisalkan 2x2GB atau 2x4GB. sekian terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berkomentarlah yang baik dan benar agar dapat membantu sesama, komentar akan saya balas di hari kerja dan jam kerja. jika komentar anda tidak saya balas berarti saya tidak bisa membalasnya dikarenakan saat dibalas tidak muncul komentar anda di postingan saya. mohon berkomentar lagi sampai saya balas. trimakasih, dan harap dimaklumi