cara mengukur capasitor

Mungkin ini yang anda cari juga!

Disaat sedang service terkadang kita ingin selalu cepat untuk menganalisa komponen. nah disini komponen yang akan diukur yaitu capasitor, cara mudahnya dan cara cepatnya, jika ingin akurat ya harus menggunakan alat ukurnya sendiri, nah disini cara gampang mengukur kapasitor dengan menggunakan
tester analog, yang menggunakan jarum, ini sih saya lebih suka menggunakannya ketimbang digital, langsung saja caranya yaitu letakan posisi tester di posisi ohm dan diskala 10k atau dibawahnya, karena posisi ini lebih detil kita dapat mengetahui kapasitor short atau tidak, cara ini hanya untuk mengetahui short atau tidaknya dan berkurangnya nilai, letakkan di skala 10k, dan yang kita ukur kapasitor kramik maka kita letakkan probe ke kedua kaki tidak gerak walaupun dibolak bali, tetapi jika yang kita ukur nilainya tinggi faradnya maka akan menunjuk sedikit dan turun lagi. jika mengukur elco, kita letakan di skala 1x yang nilai faradnya tinggi maka bergerak dan turun secara perlahan . untuk keakuratan harus menggunakan alat ukurnya tersendiri, untuk tepat nilainya brapa, sekian terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berkomentarlah yang baik dan benar agar dapat membantu sesama, komentar akan saya balas di hari kerja dan jam kerja. jika komentar anda tidak saya balas berarti saya tidak bisa membalasnya dikarenakan saat dibalas tidak muncul komentar anda di postingan saya. mohon berkomentar lagi sampai saya balas. trimakasih, dan harap dimaklumi