Persamaan tip32 tip42 b507

Mungkin ini yang anda cari juga!

tip 32 tip 42 b507
B507, TIP32, TIP42
Transistor ini pada umumnya digunakan sebagai penguat akhir sebuah amplifier, tansistror ini biasa digunakan pada speaker aktif , transistor ini bertype PNP dan biasa digunakan berpasangan dengan
type NPN. untuk pasangannya yaitu B507>D313 , TIP32>TIP31 dan TIP42>TIP41 ketiga komponen ini mempunyai besar arus, tegangan maksimal dan daya maksimal yang bisa dikeluarkan berikut spesifikasi singkatnya;

  • B507 = 3A 60V 30W yaitu arus maksimal yang dapat digunakan adalah 3 amper dan tegangan maksimal 60volt dc serta daya maksimal 30watt
  • TIP32 = 3A 40-100V 40W yaitu mempunyai  daya maksimal 3 amper dengan tegangan maksimal 100volt dc serta daya yang dapat dikeluarkan sebesar 40watt
  • TIP42 = 6A 40-100V 65W yaitu arus maksimal yang dapat diberikan adalah 6 amper dan tegangan maksimal 100volt dc dan daya maksimal yang dapat dikeluarkan sebesar 65 watt
jadi dari ketiga komponen ini sesuaikan dengan speaker yang disetting didalamnya,, jika speaker aktif yang biasa biasa saja cukup tip 31 dan B507 saja.

68 komentar:

  1. mas,.
    kalo tip 32 rusak, bsa saya ganti dengan B507 g'?? trs pasangannya juga harus d ganti atau g' usah??
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa saja mas, tp sebaiknya ganti yang watt nya lebih besar, jgn lebih kecil. kalo 32 downgrade ke b507 gan, ganti aja ama yang tip 42. perhatikan data dari ketiga komponen tersebut

      Hapus
    2. Kalau speaker aslinya pakai tip 31 dan 32 terus diganti satu saja yang tip 32 ke tip 42,apakah bisa Mas??? Tip 31 tidak digantiπŸ™πŸ™

      Hapus
    3. bisa saja mas e, tp saya sarankan ganti keduanya agar imbang.

      Hapus
  2. Mau tanya misal tip 41/42 di ganti tip 3055/2955 buat dorong final gima hasilnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pernah saya tes di speaker aktif double woofer 10" hasilnya memuaskan bg. kerja santai tip nya tidak panas. tegangan 18vac 3A saya kasih. atau masnya sesuaikan saja nanti.

      Hapus
    2. Bang tip2955 ini upgrade dari tip41 atau tip42? Lalu posisi kaki, pemasangan dibalik atau sama saja?

      Hapus
    3. iya bang, posisi sama, gk dibalik, cuma samakan aja type nya, npn dan pnp nya

      Hapus
  3. slmt mlm suhu, mau tanya klo tip 41 itu psasngannya tip 42 apa B507.......b507 itu taro di soket negatif dan tip 42c itu untuk positifnya ya gan? trmksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. B507 bisa disandingkan d313,untuk socket, maksud agan gimana??? letakan pada jenis transistornya NPN atau PNP.

      Hapus
  4. terimakasih sudah meninggalkan iklan di koment anda....jika mau ber iklan di blog saya hubungi saya

    BalasHapus
  5. Klw tip 41 diganti tip 31 dan tip 42 di ganti dengan tip 32 gmna ter. Mohon pencerahanya. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. jgn gan, makin downgrade itu, karena 41 dan 31 besaran 41 daya nya.... sebaiknya upgrade aja pake tip3055/tip2955

      Hapus
    2. sama sama mas, semoga bisa membantu... jika artikel saya ada yg salah mohon dikoreksi juga

      Hapus
  6. Kaki d313 bce/ecb ya mas

    BalasHapus
  7. Kaki tr b507 bce/ecb ya mass

    BalasHapus
  8. Kalau d313 dipasangkan tip42 pengaruhnya gimana mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gk bisa mas, harus sama sama jenisnya, kalau d313 bisa diganti dengan tip41 nya ,bukan tip42. karena d313 type NPN sedangkan tip42 type PNP

      Hapus
  9. driver 150 watt tip 31 32 kok serak ya bang apanya yg perlu d ganti

    maklum saya pemula

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek tr yg sebelumnya dan dioda dioda yg 3buah itu gan, dan resistor ada yg putus kadang.

      Hapus
  10. Suhu klo TIP 42 di ganti pake NPN kode brapa,,??
    Trima kasih suhu,,

    BalasHapus
  11. Klu B507 dan D313 diganti ke tip 42 dan tip 41 apa pengaruh nya buat power 150 ocl penal nya mj2955 dan 2n055. Mohon pencerahannya mas ?

    BalasHapus
  12. Maaf maksud saya MJ2955 dan 2N3055

    BalasHapus
    Balasan
    1. dayanya lebih besar mas dari drivernya. tp gk jauh beda lah ama b507 dan d313 kalo digantikan 41 dan 42. jika ingin upgrade finalnya aja ganti dengan c5200 dan a1943

      Hapus
  13. Mas mau tanya kalau di saya TIP 31 sama TIP 42,dua" rusak bisa diganti TIP 41 dan TIP 42

    BalasHapus
  14. Maaf mau tanya suhu?... Untuk transistor jenis TIP41 yg lebih besar voltnya kira² seri apa aja ya? Mohon untuk pencerahannya suhu, terimakasihπŸ™πŸ™

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk di list diatas tip 41 dan pasangannya tip42 lah yg dayanya paling besar.volt jgn besar besar kali mas e. sesuaikan datasheet komponen saja agar maximal dan awet.kasih tegangan 24vac saja

      Hapus
  15. Apakah TIP32C ini bisa mengakibatkan speker jadi gak jelas bunyi krek krek gan.. suaranya jadi gak enak mohon balasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak gan, coba cek bagian tone control . terutama potensio nya. sering suara krek krek karena potensio kotor atau sudah rusak

      Hapus
  16. Ass...ku mas klo tip41 saya ganti tip31 bsa gk y mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa, tp downgrade, bgus yg 41 gan dibandingkan 31, 41 lebih besar watt nya

      Hapus
  17. Bang tip 41 bisa dipasangkan ke tip 32 ngak bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gk bisa gan, yg bisa tip32, tapi kalo 41 jgn dikasih 31, downgrade jadinya.sebaiknya tetep tip41

      Hapus
  18. Asslmkum, Mas, Mau Tanya.. Setelah Saya Upgrade dri tip 31-32 ke tip 41-42
    tr nya Panas kemudian Rusak..kira2 masalahnya apa ya? PSU 5ampr 32v.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aapakah tidak salah pasang anatara pnp dan npn nya? perhatikan saat pemasangan. kadang mika nya kena heatsink

      Hapus
  19. siang bosku,,nanya bos klo tr final 1943 ma 5200,tr driver pake 2955 ma 3055,,trus tr yg belakangnya kasih yg tip 31 pa tip 41 bosku,,mksih bosku

    BalasHapus
  20. bisa aja bg. tp kalo driver pakek 2955 ama 3055 kebesaran kayaknya. yang penting sesuai kebutuhan tegangan untuk masing masingnya. mulai dari driver ampex finalnya

    BalasHapus
  21. permisi,mau tanya kalau ampere harusnya 18A,tapi baru 13A teganganya drop mohon pencerahan

    BalasHapus
  22. Pa bisa tip41 d ganti dnga tip42/31

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg bisa tip 41 diganti tip31 gan, tapi itu downgrade.. Daya nya lebih kecil kalo tip31

      Hapus
  23. selamat malam mas Andra. mau tanya nih gan, saya mau turunkan speed dynamo 3,5 amper 12vol, saya pakai transistor 3055 dan potensio 50k, hanya tahan 10.menit transisitor jebol. kalau diganti c5200 dan potensio 100.k bisa ngak gan. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas ubay, untuk penerapan seperti yang mas ubay buat saya belum pernah lakukan, tapi saya mau sarankan sebaiknya gunakan kit step down yang bayak dijual dipasaran. agar lebih efisien dan efektif hasilnya dan biayanya. jika mas ubay mau mencoba dengan c5200 silahkan.

      Hapus
    2. selamat pagi mas andra. step down dengan pwm dc motor speed controller sama tidak yah . jadi saya bisa mainkan speednya sekehendak saya.terima kasih atas infonya

      Hapus
    3. pagi juga mas ubay, semoga sehat selalu. iya pengaturan speed di pwm nya. dengan pwm kita bisa mengatur kecepatan motor sesuai keinginan.ada kok dijual pwm dc motor speed control.. di toko online tersedia sudah saya cek.. harga ada yang belasan ribu hingga 35k tergantung ampernya. silahkan dicoba semoga sesuai keinginan dan harapan mas ubay nya

      Hapus
  24. ok terima kasih atas infonya yg bener bener bermanfaat buat saya. sehat selalu dan bahagia sekeluarga mas Andra

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama sama mas ubay, terimakasih doa nya, sama sama sehat dan bahagia kita...semoga bisa membantu mas ubay nya..

      Hapus
  25. apakah bisa bd 140 diganti tip 32 atau bd 42

    BalasHapus
  26. selamat malam mas andra. mas controller dc motor sudah datang tadi siang dan langsung saya pasang.kalau saya buka 6vol ic tidak panas, nah saya buka di 2-3 vol ic panas.saya gunakan untuk gerakin mini pompa merk sakai dc 12.vol. nah waktu dia keluar saya pakai sepuyer yg 0.3mm. agar air kadi pengembunan. jadi agak tertahan kerja pompanya dan controlller mungkin kerja berat juga . dicontroller saya lihat pakai ic 7812zt. nah apakah ic saya ganti yg agak tahan beban. tolong mas Andra info ic apa yg harus saya pakai. terima kasih atas bantuaannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. panasnya berlebihan tidak bg?kalau abg gunakan untuk arus besar abg gunakan yang type untuk besar arusnya. coba abg kasih heatsink biar ada pendinginnya.mungkin itu panas karena tidak diberi heatsink

      Hapus
  27. selamat malam bang Andra, sudah ada heatsinknya tapi masih panas, nah sekarang saya bantu pakai mini fan, saya test 3 jam udah tidak panas lagi bang,udah ok banget. terima kasih banyak bang Andra atas infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat pagi mas ubay, maaf terlalu lama saya balasnya. sama sama mas ubay, senang bisa membantu mas nya, semoga awet dan sesuai dengan keinginan mas ubay. semoga masnya sehat selalu dan mau diskusi di blog saya

      Hapus
  28. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  29. Bos sya mau tanya driver sya sring meledak d313 sama tip 32 di vdc 32,45 v sya ganti tip 41 ,tip 42 masih sya meledak trafo donat 10 ampere murni solusi nya bagaimna bos semua komponen sudah sya cek 1 per 1 aman tidak ada masalah posisi nya benar πŸ™πŸ™

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba abg turunin tegangan yang mengarah ke tr tersebut. arus yang lewat ke tr driver terlalu besar. dan beri heatsink driver drivernya.

      Hapus
  30. Apa beda tip 32C dengan tip 32A?makasih gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. di datasheet nya mas, perbedaan yang trutama di VCE,VCB,VEBnya

      Hapus
  31. Bang apakah bisa tip 42 di ganti dengan tip 32..

    BalasHapus
  32. Misi gan, semisal transistor tip 31/32 di upgrade pakai transistor tip 41/42 tapi suply nya 21v 3a ct gimana gan,

    BalasHapus

berkomentarlah yang baik dan benar agar dapat membantu sesama, komentar akan saya balas di hari kerja dan jam kerja. jika komentar anda tidak saya balas berarti saya tidak bisa membalasnya dikarenakan saat dibalas tidak muncul komentar anda di postingan saya. mohon berkomentar lagi sampai saya balas. trimakasih, dan harap dimaklumi