Cara mengukur peltier dispenser

Mungkin ini yang anda cari juga!

peltier
Peltier 
Pada dasarnya komponen ini hanya menciptakan panas dan dingin bila diberi tegangan DC 12-30volt, biasa dipengaplikasiaanya pada pendingin dispenser, di peltier ini jika diberi tegangan maka sebelah akan panas dan sebelahnya akan dingin, nah jika kita mengukur untuk mengetahui rusak atau tidak hanya dengan menggunakan baterai atau sumber tegangan lainnya cukup 12vdc saja hubungkan kedua kabel positif dan negatifnya pada sumber tegangan, jika bagus maka akan ada panas dan dingin, jika semuanya panas maka kondisi sudah tidak bagus lagi, dan jika tidak bereaksi apa apa maka sudah rusak, demikian cara mengetahui peltier rusak atau tidaknya.

11 komentar:

  1. Thanks atas info nya, sngt membantu

    BalasHapus
  2. Ko punya saya dingin ya lama bngt pdhl dh saya ganti kipas ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kipas berfungsi mendinginkan sisi peltier yg panas yang dirambatkan ke heatsink, nah apakah peltier sudah agan ganti atau periksa bagus? pendinginan dengan peltier memang agak lama gan. gk kayak kulkas

      Hapus
    2. Permisi gan punya sya dh di ganti baru, tp pas di tes kok 2 sisinya panas yaa

      Hapus
    3. mungkin anda ganti dengan pelteir yang beda typenya

      Hapus
  3. bawa yang lama saat membeli atau fotokan typenya atau catat type yang tertera di badan peltier

    BalasHapus
  4. mau tanya nih, dispenser saya miyako ya ng galon bawah,klo dinyalain ok semua, kipas muter, tapi panas dan dingin nya lama, 1 jam lebih g kunjung panas, juga g pula dingin, dan air yg keluar ketika kita pncet kran depan, itu nyetrum semua baik dingin atau panas nya, ,kira rusak apanya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. periksa instalasi didalamnya, kemungkinan ada yang bocorv airnya sehingga nyetrum. untuk panas dinginnya periksa pemanas pastikan heater pemanasnya bekerja. dan pendinginnya cek juga bekerja atau tidak.

      Hapus
  5. Mau tanya gan,,saya membeli peltier baru dan saya coba pasangkan namun baru beberapa detik sisi yang dinginnya itu berubah jadi panas alhasil peltiernya panas semua..mohon jawab ya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. pastikan type pelteirnya sama, seri nya. dia ada yang berbeda

      Hapus

berkomentarlah yang baik dan benar agar dapat membantu sesama, komentar akan saya balas di hari kerja dan jam kerja. jika komentar anda tidak saya balas berarti saya tidak bisa membalasnya dikarenakan saat dibalas tidak muncul komentar anda di postingan saya. mohon berkomentar lagi sampai saya balas. trimakasih, dan harap dimaklumi