cara perbaiki laptop acer layar berkedip kedip

Mungkin ini yang anda cari juga!

Kasus ini terjadi pada laptop acer aspire e1-471. laptop ini terjadi kerusakan karena terjatuh, posisi terjatuhnya tidak diketahui jelasnya bagaimana, setelah kejadian ini laptop jika digunakan berkedip kedip layarnya, gelap terang gelap terang, dan selalu begitu jika digunakan. dan terjadi juga gelap dibagian kanan atas layar. yang dapat dilihat di video dibawah ini. 

acer aspire e1-471



 ini gejala yang terjadi dapat dilihat di video ini
perhatikan pojok kanan atas terlihat gelap, ini dikarenakan backlight led ada yang mati.

acer aspire e1-471kedip kedip
pojok kanan atas gelap dan tidak berkedip lagi


Spesifikasi laptopnya
acer aspire e1-471
Pemeriksaan pertama yaitu pada socket lcd laptop ini yang dibagian motherboard, caranya lepaskan keyboard terlebih dahulu, nah disitu akan keliatan socketnya, dan setelah saya periksa baik baik saja. nah langsung ke bagian lcd layar laptop. buka casing penutup lcd laptop , buka dua baut dibawah lcd, dan buka casinggnya. dan setelah terbuka buka cover penutup belakan lcd agar pemeriksaan lebih gampang. setelah semua terbuka dan tingkal rangka dan lcdnya, lepas dan pasang kembali socket lcd yang dari motherboard, dan ternyata masih juga, dan pemeriksaan selanjutnya pada panel lednya, bagian backlightnya, untuk tahap pertama lepas socket backlight dan pasang kembali, socketnya dapat dilihat pada gambar dibawah ini
panel led acer aspire e1-471
pada gambar yang saya lingkari merah tersebut itulah kelihatan socket backlight nya, lepaskan dan pasang kembali, dan ternyata kedip kedip hilang yang tinggal gelap dipojok kanan lcd, nah langsung saja saya copot lagii dan bersihkan konektornya kabel flesibel itu, dan pasang kembali dan normal seperti biasa, pengetesan berlangsung 6 jam dan tidak ada kembali lagi masalahnya, berarti masalah pada konektor panel led backlight, saat terjatuh mungkin tergeser atau tergoyang makanya terjadi kedip kedip sehingga penjepit kabel longgar atau terangkat sedikit, demikian terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berkomentarlah yang baik dan benar agar dapat membantu sesama, komentar akan saya balas di hari kerja dan jam kerja. jika komentar anda tidak saya balas berarti saya tidak bisa membalasnya dikarenakan saat dibalas tidak muncul komentar anda di postingan saya. mohon berkomentar lagi sampai saya balas. trimakasih, dan harap dimaklumi