Tv lcd led lg mati total dan keluar asap bau

Mungkin ini yang anda cari juga!

 Pada tv ini terdapat seekor makhluk hidup yang sering main didalam peralatan elektronik, jadi kejadiannya saat didupkan awal tv tidak mau hidup dan mengeluarkan asap bau gosong. setelah diperiksa ternyata ada beberapa ekor cicak didalam tv  ini dua ekor dibagian bawah pcb dan satu ekor diatas pcb. setelah saya cek dan ternyata ada bagian pcb yang gosong dan terputus dan menyewbabkan fuse utama putus.. dan lanjut saja pemeriksaan ke bagian..
tv lg 32lv2130
seekor cecak tersengat listrik pada psu tv lg 32lv2130

type dari tv ini dapat dilihat pada gambar dibawah ini

tv lg 32lv2130
tv lg 32lv2130
pada gambar dibawah ini yang diberi tanda panah merupakan komponen yang gosong krena cicak lengket pada kaki komponen tersebut. komponen ini merupakan relay. pada kasus ini relay tidak apa apa hanyagosong dibagian bawah jalurnya saja. 

pada bagian bawah pcb ini yang saya lingkari merupakan area yang tempat lengketnya cicak tersebut sehingga fuse utama putus untuk mengamankan tv ini. dan pada lingkaran kotak merah terdapat jalur dan putus. dalam perbaikan jalur ini saya sambung kembali dan fuse utama saya ganti. jangan lupa dibersikan dengan tinner agar tidak ada bekas cicak lagi agar tidak ada kontak kontak pada pcb ini


nah pada panel konektor, ini dapat dilihat pada gambar dibawah ini, saat pengetesan jika tidak dihubungkan dengan motherboard tv  kita cukup mengecek tegangan 5v saja. krena untuk star ada trigger dari mobonya...

conector psu lg

berikut dua cicak malang yang jadi penyebabnya dapat dilihat pada gambar dibawah ini

cicak


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berkomentarlah yang baik dan benar agar dapat membantu sesama, komentar akan saya balas di hari kerja dan jam kerja. jika komentar anda tidak saya balas berarti saya tidak bisa membalasnya dikarenakan saat dibalas tidak muncul komentar anda di postingan saya. mohon berkomentar lagi sampai saya balas. trimakasih, dan harap dimaklumi