Analisa kerusakan tv tersambar petir

Mungkin ini yang anda cari juga!

Bagaikan disambar petir disiang bolong,,, begitu banyak istilah orang orang jika kena musibah, nah nanti dulu, petir ini sih bukan musibah tetapi bawa rezeki bagi orang lain terutama para tuser tuser, ngarepnya sih musim hujan aja hehehehehe... pada musim hujan banyak terjadi petir, petir bisa meyambar ke rumah anda dan mengenai peralatan elektronik maupun listrik dirumah anda, nah yang kita bahas disini adalah jika petir menyambar kerumah anda dan mengenai peralatan elektronik yaitu tv. untuk analisa perbaikannya dapat kita tinjau dari dua sumber petir merambat baik ini terkena bias ataupun terkena langsung. langsung saja analisa yang pertama yaitu:


  • petir meyambar dari instalasi listrik, nah dalam kejadian ini jika dahsyat bisa pecah langsung bola bola lampu dirumah anda, dan jika hanya kena bias saja ya mungkin rusak aja. dan pada tv yang selalu diposisikan standby maka biasa ini terkena mulai dari bagian power supply nya, lalu baru merambat ke yang lain jika petir terlalu besar. biasanya sekring pengaman putus. nah ini anda beruntung berarti tidak terlalu parah.biasa hanya dibagian regulator saja, nah dibagian ini periksa komponen komponen aktif seperti ic ic dan transistor serta fuse fuse kecil.
  • petir meyambar dari antena, nah jika terjadi begini yang terutama rusak yaitu tuner, biasa disertai tidak dapat siaran ataupun ada yang mati juga, krena pada kejadian ini sangat sensitif krena tuner secara langsung berhubungan dengan ic osilator. jadi biasa jika terkena dari tuner ya ic osilator terkena juga bahkan merembet ketempat lain.
jadi untuk pencegahan bukan berarti penangkal ya agan agan, soalnya petir tidak ada penangkalnya cuma bisa di netralakan ke bumi saja, jadi sebaiknya rumah anda dilengkapi dengan grounding dan tv anda jika tidak dipakai jangan dihubungkan ke listrik serta jika ada hujan petir sebaiknya antena dicabut, krena mencegah lebih baik daripada mengobati, jika sudah terjadi ya banyak ruginya,,, bahkan harus beli baru juga. sekian terimakasih...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berkomentarlah yang baik dan benar agar dapat membantu sesama, komentar akan saya balas di hari kerja dan jam kerja. jika komentar anda tidak saya balas berarti saya tidak bisa membalasnya dikarenakan saat dibalas tidak muncul komentar anda di postingan saya. mohon berkomentar lagi sampai saya balas. trimakasih, dan harap dimaklumi