Perbedaan ram dan rom

Mungkin ini yang anda cari juga!

perbedaan ram dan rom
ilustrasi RAM dan ROM
Istilah RAM dan ROM sudah sering kita dengar saat ini apalagi sekarang kata kata ini sering disebut oleh penjual dan pembeli smartphone dan komputer. dua hal ini menjadi patokan disetiap akan membeli smartphone atau komputer. tapi terkadang ada juga yang tidak mengerti apa itu ram dan rom nah disini saya akan menjelaskan secara umum saja agar mudah dimengerti oleh sipembaca. tidak terlalu teoritis seperti bahasa buku. namun mudah mudahan tersampaikan apa yang ingin disampaikan apa itu ram dan rom. langsung saja kita bahas

RAM, ram merupakan singkatan dari random acces memory yang berfungsi untuk tempat penyimpanan sementara untuk proses di processor jadi ram ini jika ada proses aplikasi yang berjalan itu mengunakan memory ram yang di proses processor. semakin banyak kapasitas ram maka semakin banyak proses yang bisa dilakukan oleh perangkat tersebut.

ROM, rom merupakan singkatan dari read only memory yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data aplikasi, jadi semakin banyak rom bisa semakin banyak data aplikasi dan aplikasi yang bisa di instal pada perangkat tersebut. 

Jadi dari kedua memory ini adalah saling berkaitan dimana ram sebagai penyimpanan sementara saat aplikasi sedang dijalankan oleh processor sedangkan rom adalah tempat penyimpanan aplikasi yang di eksekusi beserta hasilnya. jadi keduanya saling berkaitan dan jika membeli perangkat dua hal ini sering menjadi pertimbangan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berkomentarlah yang baik dan benar agar dapat membantu sesama, komentar akan saya balas di hari kerja dan jam kerja. jika komentar anda tidak saya balas berarti saya tidak bisa membalasnya dikarenakan saat dibalas tidak muncul komentar anda di postingan saya. mohon berkomentar lagi sampai saya balas. trimakasih, dan harap dimaklumi