Tv sanken slim suara ada gambar tidak ada

Mungkin ini yang anda cari juga!

Gejala dari tv sanken slim ini adalah suara ada tetapi gambar tidak ada, seperti dengarkan radio semuanya serba suara. lagsung saja dibukadan lakukan pemeriksaan.

sanken

Dari hasil pemeriksaan terdapat beberapa komponen yang rusak yaitu
resistor 2 watt resistor ini adalah pengaman tegangan B+ nilai ohm nya rendah , jadi jika sesuatu terjadi pada bagian horizontal dan flyback resistor ini putus.

horizontal

Komponen selanjutnya adalah transistor horizontal nah transistor ini nomornya D5036

transistor horizontal

dan yamg terakhir adalah yoke defleksinya yaitu bagian horizontalnya sudah terbakar dan kokernya meleleh nah pada pencarian ini sulit karena posisinya didalam yoke, sempat saya korban transistor horizontal dan beli flyback. namun saya pada saat itu tidak berfikir yoke rusak , karena hal biasa jika transistor ini rusak, dan saat saya kasih transistor baru saat dihidupkan ada yang langsung tewas dan ada yang sempat bunyi seperti flyback bocor, makanya saya beli flyback, flybacknya sama dengan t1010. oh ya pada tv sanken ini jika flyback tidak diberi tegangan maka akan tetep berfungsi bagian suaranya karena ada pengaman resistor di B+ nya. jika bermasalah ya putus dan yang lain tetep bekerja. Jadi masalah ini semua disebabkan oleh yoke yang terbakar. jadi horizontal short dan pengaman putus. nah dalam kasus ini tv tidak selesai karena tabung bermasalah tidak bisa digunakan dikarenakan rusak. akibat dari yoke yang terbakar dan terlalu panas sehingga mengakibatkan keretakan di ekor tabung dibagian yoke tersebut.


tv sanken slim

Jadi ya tv dikembalikan seperti semula dan seperti dengar radio aja. sekian terimakasih

2 komentar:

  1. Mau tanya master resistor yg di B+ 2 watt itu berapa ya nilai ohm nya, soalnya saya ada perbaikan TV yg sama seperti postingan master, tapi reaistor sudah terbakar master gak tau nilainya, mohon bantuannya master kirim ke email saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu resistor fuse, untuk pengaman biasa nilainya kecil sekitar nol koma ohm.. jadi resistor berfungsi sebagai pengaman jika terjadi korslet atau kerusakan di bagian itu. email masnya apa?

      Hapus

berkomentarlah yang baik dan benar agar dapat membantu sesama, komentar akan saya balas di hari kerja dan jam kerja. jika komentar anda tidak saya balas berarti saya tidak bisa membalasnya dikarenakan saat dibalas tidak muncul komentar anda di postingan saya. mohon berkomentar lagi sampai saya balas. trimakasih, dan harap dimaklumi