cara mengukur dioda petak

Mungkin ini yang anda cari juga!

Dalam sebuah penyearah tak terlepas dari dioda, karena dioda merupakan komponen penting dalam perubahan arus AC ke DC, untuk menyearahkan arus listrik dc diperlukan satu buah dioda, dua buah dan ada yang empat buah nah disini kita mebahas menggunakan empat buah dioda yang sudah dalam satu paket. yang sering disebut dioda petak atau dioda brigde. cara mengukurnya yaitu sangat mudah. perhatikan gambar dibawah ini.

dioda petak
dari gambar diatas
nomor 1 merupakan lambang dasar dioda dan keterangan kakinya, memiliki dua buah kaki yaitu anoda dan katoda. nah ini merupakan dasar untuk mengukur dioda petak.
dalam pelaksanaaan pengukuran dioda petak perhatikan gambar no 2 disitu ada empat kaki yang merupakan 2 input dan 2 output.output kaki 1dan 3, kaki 1 positif dan 3 negatif. dan input 2 dan 4 ini merupakan input tagangan ac terbalik balik tidak apa apa.  untuk cara mengukurnya dengan avometer analog yaitu bisa menggunakan skala brapa aja, namun saya gunakan sering skala x1 yang ada lednya. jika masih ragu baru menggunakan skala10k. langsung saja kita periksa pertama letakkan salah satu probe ke kaki positif. dan satunya lagi ke kaki input jika bergerak maka ke satu kaki input tadi juga harus bergerak. jadi harus sama sama bergerak. dan dibalik probenya maka harus tidak bergerak. dan geser ke kaki input satu lagi tidak bergerak. dan pindah ke kaki negatif salah satu probenya pindah ke kaki inputnya. jika bergerak maka ke kaki satu lagi harus bergerak juga, dan dibalik harus tidak bergerak. karena pada prinsipnya dioda petak terdiri dari empat buah dioda, perhatikan gambar yang diberi nomor 3 nah disitu kita pada dasarnya mengukur satu persatu dioda, caramengukur dioda yaitu jika pakai tester analog di skala ohm maka sebelah jalan dan sebelah lagi tidak jalan,berdasarkan inilah kita mengukurnya. perhatikan gambar yang diberi no3.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berkomentarlah yang baik dan benar agar dapat membantu sesama, komentar akan saya balas di hari kerja dan jam kerja. jika komentar anda tidak saya balas berarti saya tidak bisa membalasnya dikarenakan saat dibalas tidak muncul komentar anda di postingan saya. mohon berkomentar lagi sampai saya balas. trimakasih, dan harap dimaklumi