Driver led hfl 100 watt sederhana dan murah

Mungkin ini yang anda cari juga!

Sebuah lampu sorot ada beberapa menggunakan lampu LED yang hemat energi dibandingkan lainnya dikelasnya, nah terkadang sebuah lampu sorot led ini sudah builtup, bawaan pabrik. jadi jika terjadi kerusakan disalah satu partnya baik itu lednya atauun driver led, nah disini yang terjadi adalah kerusakan driver lednya. driver led ini sudah builtup bawannya dan di cor dan hanya ada keterangannya, oh ya untuk menadakan driver led tidak bekerja yaitu output tidak ada lagi atau tidak sesuai dengan spesifikasi yang ada di body driver tersebut. dibawah ini adalah sebuah lampu sorot hfl 100watt yang sudah rusak, kerusakan terjadi pada drivernya.

led 100w


pada gambar diatas dapat kita lihat bagian led driver seperti gambar dibawah ini

driver led

Dari keterangan diatas pada led driver yaitu kaki positif warna coklat(brown) dan negatif warna biru(blue) yang saya kotakin warna merah , sedangkan tegangannya adalah yang ada saya beri tanda panah, yaitu DC 30-37V nah disini kita sudah dapat referensi untuk membuat penggantinya. jika kita beli satu paket harga mahal dan susah dicari, terkadang ditokonya yang jual pun tidak ada. nah disini kita buat sendiri driver led nya dengan trafo biasa. perhatikan gambar dibawah ini

skema driver led

Bahan
  • Trafo 3Ampere Ct atau NonCT yang bisa kita ambil tegangan 30VAC  pilihannya yaitu 0-30 atau CT30v
  • Dioda 3 Ampere sebagai penyearahnya sebanyak 4 buah
  • Elco 4700uF/50V sebagai filternya
Dari ketiga komponen diatas rangkai seperti skema yang saya buat, disini saya anggap anda sudah mengerti skema dan perakitan elektronika. ambil tegangan 30v pada skunder trafo.Mengapa 30? karena nanti setelah diberi elco tegangan akan naik sekitar 35DC, rangkai empat buah dioda ke penyearah brigde(jembatan) jika menggunakan gelombang penuh(2 dioda) atau setengah gelombang(1 dioda) juga bisa. nah disini saya sarankan menggunakan brigde(jembatan)  setelah itu beri elco sebagai filternya. setelah jadi maka akan seperti gambar dibawah ini


driver led

Hubungkan kabel output dari penyearah tadi sesuai dengan keterangan. coklat positif dan biru negatif. maka selesai dan dapat anda tes hidup. sekian terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berkomentarlah yang baik dan benar agar dapat membantu sesama, komentar akan saya balas di hari kerja dan jam kerja. jika komentar anda tidak saya balas berarti saya tidak bisa membalasnya dikarenakan saat dibalas tidak muncul komentar anda di postingan saya. mohon berkomentar lagi sampai saya balas. trimakasih, dan harap dimaklumi