tv sanken tombol tidak berfungsi

Mungkin ini yang anda cari juga!

Pada awalnya tv ini masuk ke saya yang dikeluhkan adalah tidak mau hidup, lampu tidak hidup kata yang punya, lampu merah itu lho katanya. berarti power tidak ada, dan segera saya bilang tinggal dulu ya biar aku priksa, dan dia bilang nanti kalo dah siap anter ya!, dan saya iyakan . ini punya tetangga saya tidak jauh dari rumah. langsung saja saya bongkar setelah yang punya pulang dan saya urutkan tegangan AC nya msuk tidak ke power supply dan ternyata tegangan tidak masuk, nah disini pasti kita periksa pengkabelan dari jack AC nya dulu dan yang pertama diperiksa pasti saklar utama yang terletak pada bagian bawah sebelah kanan. setelah saya periksa saklar rusak sudah gosong, dan kadang bisa kadang enggak. untuk percobaan bahwa baigan power baik baik saja, saya langsungkan dan tv hidup normal, setelah normal dan timbul masalah baru tombol volume dan chanel serta menu dan av tidak berfungsi, wah ini masalah serius. karena ini menggunakan tombol langsung di body tv dan menggunakan flexible cable. 

tombol tv sanken
Setelah saya bongkar
flexibel kabel tombolnya dan ternyata masih oke tidak kotor dan masih sangat bagus. dan saya tes masih belum bisa, dan saya lihat di mesin dikonektor tombol oke, dan saya lihat ada sebuah elco kembung yang bernilai 2200uF/35v nah saya kira ini jadi salah satu penyebabnya dan ternyata tidak, pdan langsung ke pemeriksaan lebih detil saya lepas konektor flexible dan bersihkan masih juga, setelah itu saya pasang lagi dan letakan probe ke salah satu konektor yang saya lingkari nah satunya lagi saya pasang ke pin yang saya beri tanda panah dan tekan tombol, jika masih oke maka lampu di tester akan hidup disini saya menggunakan avo meter analog pada skala x1 yang ada led nya, nah ternyata semua tombol oke, dan disini tidak jadi masalah, dan selanjutnya pemeriksaan ke kabel yang menghubungkan panel tombol  ke pcb board tv, dan ternyata salah saty kabel tidak nyambung  dan saya tarik satu persatu dan ternyata kabel berjamur salah satunya saat ditarik mudah lepas dan ujung sudah biru jamur. letak konektor pada lingkaran merah socket putih.jadi langsung saja potong solder dari bawah atau diganti socket baru. diutamakan ganti socket agar rapi jika mau. jika tidak bisa langsung potong solder langsung saja pada bagian pcb bawah. memang tidak rapih tapi bisa lah karena tidak nampak dari luar. 


sanken valencia
Penampakan setelah ganti saklar main switch semuah normal dan oke semua tombol oke tanpa masalah


sanken ultra slim
type tv sanken valencia ultra slim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berkomentarlah yang baik dan benar agar dapat membantu sesama, komentar akan saya balas di hari kerja dan jam kerja. jika komentar anda tidak saya balas berarti saya tidak bisa membalasnya dikarenakan saat dibalas tidak muncul komentar anda di postingan saya. mohon berkomentar lagi sampai saya balas. trimakasih, dan harap dimaklumi