Bagus transistor sanken atau toshiba untuk penguat akhir audio?

Mungkin ini yang anda cari juga!

c5200 vs c2922

Menentukan pilihan untuk penguat akhir pada amplifier merupakan pilihan yang harus dipertimbangkan karena mempengaruhi performa dari amplifier tersebut untuk menghasilkan kualitas suara yang mantap, nah dilapangan sering dihadapkan dengan dua pilihan transistor penguat akhir yaitu 2sc5200 buatan toshiba dan 2sc2922 buatan sanken. nah dari dua benda ini masing masing mempunyai kelebihan dan kekurangan nah langsung saja kita lihat dari datasheet yang ada pada dua benda ini mari kita lihat



c5200

2SC5200 dari data diatas bisa kita simpulkan beberapa hal yaitu tegangan yang dapat kita gunakan cukup tinggi bisa mencapai 230v dan arus bisa sampai 15 ampere  dan power dari gainnya yaitu hanya 150 watt
    
c2922

2SC2922 dari data diatas tegangan yang dapat digunakan hanya maksimal 180v saja dan arus sebesar 17 ampere dan power dari gainnya 200watt


Dari datasheet diatas maka dapat disimpulkan jika anda ingin bermain di tegangan tinggi anda dapat menggunakan transistor 2sc5200 sedangkan untuk tidak terlalu tinggi anda bisa menggunakan 2sc2922 namun didalam pengunaan arus tidak jauh beda hanya selisi 2 ampere, tetapi dua komponen ini mempunyai karakteristik suara masing masing.  dari pengalaman saya saya lebih suka menggunakan 2sc5200 sebagai penguat dikarenakan mantap untuk suara bass  sedangkan untuk sanken suara untuk bassnya kurang. namun pilihan ditangan anda, artikel ini hanya untuk referensi anda, jika saya ya saya tentu pilih 2sc5200. oh ya kedua transistor ini bertype NPN.


6 komentar:

  1. sanken nya jgn c2922 tetapi c3264=230v_17A_200W

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih pak tegoeh telah menambahkan, karena yang banyak dipasaran 2922. nah disini bisa jadi masukan buat saya dan para pembaca.

      Hapus
  2. Berhubung toshiba 2sc2500 banyak sekali varian kualitas dan harga dipasaran yg cukup membuat bingung user, bagaimana kalau diulas juga transistor pasaran yg masih bisa dipercaya keaslianya seperti Sanken alegro, NJW, MJW. Salam suksess selalu.

    BalasHapus
  3. Izin bertanya master..
    Bisakah 2SA1216
    di jadikan 2SC3858 kalau bisa bagaimana caranya semoga jawabannya bisa mencerahkan...🙏🙏🙏☕

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak bisa bg, karena beda type nya, yang a1216 tp PNP sedangkan c3858 type NPN, jika mau di ganti harus dengan type yang sama

      Hapus

berkomentarlah yang baik dan benar agar dapat membantu sesama, komentar akan saya balas di hari kerja dan jam kerja. jika komentar anda tidak saya balas berarti saya tidak bisa membalasnya dikarenakan saat dibalas tidak muncul komentar anda di postingan saya. mohon berkomentar lagi sampai saya balas. trimakasih, dan harap dimaklumi