Cara menggunakan multitester untuk pemula

Mungkin ini yang anda cari juga!

Multitester atau sering yang disebut avometer alat ini sudah menjadi kebutuhan untuk seorang teknisi elektronika, seorang teknisi elektronika pasti punya minimal 1 buah dan yang rusak mungkin sudah banyak tergantung dari jam terbangnya, nah cara menggunakannya yaitu perhatikan dulu apa yang ada pada layar jarumnya, apa aja yang ada disitu langsun saja apa aja yang ada didalam layar jarum tersebut 

avometer

Dimulai dari
atas  ada lambang satuan ohm Ω satuan hambatan yang skala nilainya 0-2k yang tertera di tampilannya, cara membacanya ini dilihat dari kanan ke kiri bukan dari kiri kekanan, perhatikan saja angkanya dimulai dari kanan yaitu pada bar bagian paling atas.
Kemudian DCV.A ini merupakan skala untuk pembacaan tegangan DC nah kalau ini dibaca dari kiri kekanan sesuai naiknya jarum avo tersebut.
Ketiga dari atas ada ACV nah ini untuk mengukur tegangan AC tegangan ac yaitu tegangan PLN ataupun tegangan yang belum disearahkan. nah dibawah acv ada hfe ini digunakan untuk mengukur penguatan transistor. dan berlanjut pada switch slector dibawah ini

multitester

Pada posisi off arah switch keatas dan  disini ada 4 pilah yang sudah dibagi yaitu ACV,Ω,DCmA,DCV. Ini kita lihat dari searah jarum jam dimulai dari switch off, mari kita bahas pada bagian ini satu persatu, pada tab ACV ini terdiri dari 4 skala yaitu 10,50,250,1000 ini berarti batas maksimal yang dapat diukur untuk skala ini, misalakan kita untuk mengukur tegangan PLN  maka kita harus menggunakan skala di 250 atau di 1000, karena tegangan umum PLN untuk 1 phasa adalah sekitar 220V jadi untuk akuratnya kita gunakan skala 250 berarti switch kita arahkan di 250ACV. 
selanjutnya tab kedua yaitu ohm meter, penggunaan skala juga sama seperti diatas, jika ingin mengukur ohm sebuah tahanan kita dapat melilih skala diatas dari yang kita ukur. misalakan ada resistor yang bernilai 470 ohm maka kita letakkan  di skala 1K, ini berarti batas maksimal avo bisa mengukur 1k ohm atau 1000 ohm. dan jika ingin menggunakan ohm harus dikalibrasi terlebih dahulu avo meternya pada posisi nol ohm, caranya yaitu satukan probe dan setel dengan putar adjust ohm pada bagian tengah kanan, atau sudut kanan bawah layarnya. putar saja asmapai ke titik nol ohm.
DCmA ini digunakan untuk mengukur arus yang lewat, dan asatuan arus adalah ampere, namun ini jarang digunakan karena skala yang bisa di ukur sangat kecil, hanya 0,25A. 
Selanjutnya DCV ini untuk mengukur arus searah misalkan mengukur baterai atau tegangan yang sudah disearahakan, skala sama seperti yang lain jika ingin mengukur kita harus ambil skala yang diatasnya.batas maksimal yang bisa di ukur adalah 1000VDC.

multitester

Jadi dalam menggunakan avo ini kita harus perhatikan dua hal ini, bagian layar dan bagian switch. layar untuk membaca apa yang kita ukur dan switch juga memilih apa yang kita ukur. sekian trimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berkomentarlah yang baik dan benar agar dapat membantu sesama, komentar akan saya balas di hari kerja dan jam kerja. jika komentar anda tidak saya balas berarti saya tidak bisa membalasnya dikarenakan saat dibalas tidak muncul komentar anda di postingan saya. mohon berkomentar lagi sampai saya balas. trimakasih, dan harap dimaklumi