Cara mengukur sekring panas atau thermofuse

Mungkin ini yang anda cari juga!

Thermofuse merupakan komponen pengaman untuk segala sesuatu yang berkaitan dengan alat elektronik yang menggunakan panas, misalkan setrika, ricecooker, kipas angin dan lain lain, nah dalam pengaplikasiannya adalah sebangai pengaman jika berlebihan panas yang terjadi pada alat tersebut, nilai dari sekring ini berdasarkan suhu, baik celcius maupun fahreinheit. nah dibawah ini adalah beberapa contoh dari sekring atau thermofuse tersebut.
thermofuse
Pada thermofuse diatas biasa digunakan pada
kipas angin yang sebelah kiri dan ricecooker atau setrika yang sebelah kanan, sytem kerja dari thermofuse cukup mudah, biasa di badan nya tertera nilai suhu dan tegangan serta ampere misalkan tertera "150℃  250V 3A" nah ini ini mempunyai arti thermofuse bekerja pada suhu maksimal 150 derajat celcius pada tegangan maksimal 250 volt dan maksimal arus 3 amper yang boleh lewat, nah jika sudah melebihi itu maka thermofuse akan putus. cara memeriksanya cukup gampang hanya dengan tester biasa pada skala 1 ohm atau buzzer saja, jadi untuk memeriksanya hanya hubungkan saja probenya pada kedua kaki thermofuse tersebut, jika nyambung atau bunyi buzzer maka kondisi bagus, nah jika tidak nyambung berarti sudah putus dan tidak dapat digunakan lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berkomentarlah yang baik dan benar agar dapat membantu sesama, komentar akan saya balas di hari kerja dan jam kerja. jika komentar anda tidak saya balas berarti saya tidak bisa membalasnya dikarenakan saat dibalas tidak muncul komentar anda di postingan saya. mohon berkomentar lagi sampai saya balas. trimakasih, dan harap dimaklumi