Belajar dasar tv tabung untuk pemula

Mungkin ini yang anda cari juga!

Televisi merupakan benda elektronik yang wajib ada dirumah ataupun dimana saja tempat manusia duduk santai ataupun beristirahat.  benda ini merupakan hasil teknologi yang luar biasa, yang didalamnya merupakan gabungan dari komponen elektronika yang dirangkai sedemikian rupa sehingga saling bekerja sama sesuai fungsinya masing masing. dalam sebuah televisi terdapat beberapa bagian bagian atau blok, yang dibahas disini adalah tv tabung bukan led ataupun lcd bagian bagian blok tv tersebut yaitu:

tv

  • Regulator/power supply
Bagian ini berfungsi sangat vital yaitu untuk mensupply tegangan keseluruh bagian tv atau blok blok yang ada di tv, sistem yang digunakan adalah system SMPS karena system ini yang paling efektif untuk kestabilan arus, walaupun tegangan naik turun namun output tetap. beberapa tegangan yang dihasilkan yaitu tegangan B+ 110-115vdc untuk 21'' kebawah sedangkan untuk 29'' sekitar 125-130vdc, tegangan vertical skitar 24vdc dan ada juga tegangan vertical yang diambil dari flyback, tegangan video 180vdc, tegangan audio 16 vdc dan tegangan 14v untuk diturunkan manjadi 12v dan 5v lainnya dan ada juga tegangan 8vdc sedangkan tegangan 33v untuk tuner diambil dari B+ yang lewat sebuah resistor dan zener 33v.
  • Vertical
Bagian ini berfungsi untuk menarik elektron di tabung tv kearah vertical dengan melalui yoke defleksi, tegangan vertical sebesar 24dc dan ada juga yang ct yaitu 14v, 0v, -14v, kerusakan yang biasa ditimbulkan gambar tidak bisa membuka arah vertical dan menyebabkan sebuah garis horizontal. bagian ini biasa menggunakan ic seperti LA7841,78041,7840,78040 dan jenis lainnya berdasarkan besarnya tv dan sytem dari pabrik pembuatnya.
  • Horizontal
Bagian horizontal ini yang gampang dicari dia disekitar flyback, karena flyback juga termasuk bagian ini, fungsi dari bagian horizontal yaitu menarik elektron pada tabung tv kearah horizontal, biasa kalo bagian ini rusak ya mengakibatkan garis vertical. pada bagian ini terdapat trafo flyback yaitu trafo untuk menaikan tegangan tinggi. yang berfungsi nantinya pada tabung untuk menarik elektron.
  • RGB
RGB merupakan bagian penguat warna yang blok ini terletak pada ekor tabung tv. nah ini adalah penguat terakhir dari warna tabung tv yaitu RGB( red green blue)tegangan yang ada pada bagian ini yaitu tegangan 180v 12v. kerusakan pada bagian ini yaitu biasanya pada masalah warna, misalkan jadi merah, ungu kuning ijo ataupun bergaris blanking.
  • Oscilator
Bagian ini sudah berbentuk ic ada tambahan sedikit komponen. fungsinya iyalah pemprosesan warna, siaran vertical dan bagian bagian lainnya. jika ini bagian rusak banyak hal yang bisa terjadi mulai dari tidak start sampai bagian warna suara dan lainnya.
  • Memory
Memory adalah tempat penyimpanan setelan dari tv misalkan setelan warna, suara, vertical horizontal dan lainnya, kerusakan pada bagian ini terkadang tv tidak mau start ataupun tidak mau menyimpan setelan yang kita buat.
  • CPU/EEPROM
CPU ini merupakan controller dari semuanya mulai dari suara, warna, settingan setingan lainnya melalui cpu ini.dan nantinya akan disimpan ke ic memory. banyak hal yang bisa terjadi jik cpu rusak mulai dari tidak mau start dan lainnya.
  • Tuner
Tuner merupakan garda utama untuk menerima siaran yang didistribusikan oleh pemacar melalui band UHF/VHFdam VLF. nah disini lah sinyal diproses untuk diteruskan ke ic oscilator yang melalui pin IF ke oscilator

sekilas paparan tentang televisi tabung yang mungkin sangat sederhana dan dasar sekali dan secara umum bisa dibilang untuk pengenalan untuk para pemula.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berkomentarlah yang baik dan benar agar dapat membantu sesama, komentar akan saya balas di hari kerja dan jam kerja. jika komentar anda tidak saya balas berarti saya tidak bisa membalasnya dikarenakan saat dibalas tidak muncul komentar anda di postingan saya. mohon berkomentar lagi sampai saya balas. trimakasih, dan harap dimaklumi