Cara ngetest thermostat

Mungkin ini yang anda cari juga!

Thermostat merupakan suatu komponen yang fungsinya sebagai saklar pembatas yang berdasarkan suhu. Biasa satuan suhunya celcius atau fahrenheit sebagai batas untuk posisi off/on. Karena pada suhu biasa, suhu ruangan thermostat posisi on dan bila mencapa batas akan off. thermostat biasa digunakan di ricecooker dan peralatan yang menggunakan panas lainnya seperti dispenser.
bila komponen ini rusak biasa ya tidak mau on dan off otomatis lagi, jadi masalah yang ditimbulkan bila thermostat rusak adalah peralatan mati atau heater gosong terlalu panas sehingga rusak. biasa pada peralatan juga dilengkapi dengan sekring suhu juga jadi jika thermostat yang ini tidak lagi normal sehingga mengakibatkan overheater atau panas sekali maka sekring akan putus. jadi peralatan aman.
thermostat

thermostat yang dimaksud
adalah yang seperti diatas, karena thermostat ini banyak jenisnya jadi jika komponen thermostat seperti diatas sudah rusak cara ngeceknya yaitu cukup mudah, hanya menggunakan panas saja,bisa dari mana saja sumbernya bisa menggunakan kompor, strika, solder dan sumber panas lainnya tetapi disini yang biasa di meja tukang service ya solder itu yang selalu menemani tuser. jadi letakan panas solder bisa ujungnya solder atau badan solder yang panas pada permukaan thermostat. pada posisi dingin kaki thermostat akan nyambung dan jika sudah mencapai batas maksimal maka akan terputus hubungannya. untuk ngetes nyambung enggaknya bisa gunakan avo meter dengan buzzer atau biasa posisi x. atau dengarkan saja biasa otomatis thermostat ini akan bunyi ceklek gitu jika udah panas sesuai derajatnya untuk posisi off dan bunyi ceklek lagi untuk on lagi. jadi caranya mudah cukup dipanaskan saja. tidak perlu repot lagi untuk tes tesnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berkomentarlah yang baik dan benar agar dapat membantu sesama, komentar akan saya balas di hari kerja dan jam kerja. jika komentar anda tidak saya balas berarti saya tidak bisa membalasnya dikarenakan saat dibalas tidak muncul komentar anda di postingan saya. mohon berkomentar lagi sampai saya balas. trimakasih, dan harap dimaklumi