cara mengukur dioda kaki tiga

Mungkin ini yang anda cari juga!

Dioda yang berkaki 3 umumnya digunakan pada system smps karena dioda ini dapat bekerja di frequensi tinggi, dioda kaki 3 pada dasarnya adalah
dioda kaki 3

gabungan
dua dioda yang digabung menjadi satu, dida mempunyai dua kaki yaitu anoda dan katoda, dimana anoda itu kaki positif dan katoda itu kaki negatif. palam pengaplikasian ini didalam rangkaian penyearah kakinya ada yang digabung sehingga membentuk pararel. dioda kaki 3 ada dua macam yaitu common anoda dan common katoda, kalau common anoda berarti kaki anoda yang disatukan sedangkan common katoda kaki katoda yang disatukan, lihat gambar diatas adalah common katoda, nah cara untuk mengukur rusak atau tidaknya kita dapat menggunakan avometer analog pada skala ohm mulai dari x1 sampai 10k skala. untuk lebih akurat kita gunakan skala 10k. dan jika dirangkaian saya sering menggunakan skala x1.perhatikan gambar diatas ada saya beri nomor 1,2 dan 3. kaki 2 merupakan commonnya. yaitu pada gambar diatas diodanya common katoda. letakkan salah satu prob avometer dikaki common dan probe satunya ke kaki 1 dan 3 maka harus sama sama bergerak, dan sama sama tidak bergerak . artinya seperti prinsip pengukuran sebuah dioda, yaitu diletakan probe bergerak dan dibalik harus tidak bergerak, nah disini begitu cuma ada dua dioda yang digabungkan jadi ya jika diletakkan prob satu ke common dan satunya lagi ke kaki 1 atau 3 maka harus bergerak sama sama atau sebalikknya. saya harap paham dengan penjelasan saya ini.. jika ada yang kurang mohon komentar.

4 komentar:

  1. Buka kelas ketrampilan di bidang komponen elektro nggak y Guru?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya gk buka bg, jika abg mau belajar silahkan, saya bantu. silahkan abg bertanya. akan saya jawab semampu saya

      Hapus
  2. Balasan
    1. maaf bg telat balas, sini email abg, nanti saya kirim no wa saya melaui email. setelah saya baca komentar abg yg berisi email abg akan saya hapus untuk kebaikan abg

      Hapus

berkomentarlah yang baik dan benar agar dapat membantu sesama, komentar akan saya balas di hari kerja dan jam kerja. jika komentar anda tidak saya balas berarti saya tidak bisa membalasnya dikarenakan saat dibalas tidak muncul komentar anda di postingan saya. mohon berkomentar lagi sampai saya balas. trimakasih, dan harap dimaklumi