Tv osd ciut keatas dan gambar kadang kecil kadang besar

Mungkin ini yang anda cari juga!

 Permasalahan pada mesin ini adalah saat pertama dihidupkan  osd menciut keatas dan gambarnya tidak stabil naik turun, ini adalah job kang wawah jadi ini artikel berdasarkan cerita beliau yang saya sudah minta izin untuk membuatnya dalam sebuah artikel di blog saya ini. tv ini adalah pasiennya sebuah tv china yang mesinnya rata rata sama semua beda pun dikit. dalam permasalahan ini sudah banyak yang dilakukannya mulai dari penggantian elco pc817 dan transistor transistor di bagian adjust tegagan referensi sekitar pc817 namun masih saja begitu belum ada hasilnya

r511

Dalam pemeriksaan lebih lanjut jika
komponen aktif sudah semua diperiksa maka selanjutnya kita mengarah ke komponen pasif yaitu resistor dan capasitor, namun disini resistor dulu yang diperiksa pemeriksaan dibagian powersupply atau regulator dan ternyata ada sebuah resistor pada bagian regulator yang nilainya melar melar, mungkin sudah jenuh. nah disini dapat dilihat pada gambar diatas. sudah saya beri tanda panah letaknya yaitu pada R511 dekat resistor besar 2 watt

resistor 1k

Pada gambar diatas adalah tersangkanya resistor R511 nilainya 1k  setelah pergantian resitor tersebut semua normal seperti sedia kala. jadi semua itu disebabkan karena nilai resistor yang melar berubah ubah nilainya. yang menyebabkan gambar besar kecil pada layar, ini disebabkan tegangan B+ tidak normal terukur pada saat kejadian tegangan naik turun hingga 70v yang normalnya 110v jadi ya bermain main antara 70-110v yang menyebabkan gambar kecil besar pada tv dan osd menciut pada saat pertama dihidupkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berkomentarlah yang baik dan benar agar dapat membantu sesama, komentar akan saya balas di hari kerja dan jam kerja. jika komentar anda tidak saya balas berarti saya tidak bisa membalasnya dikarenakan saat dibalas tidak muncul komentar anda di postingan saya. mohon berkomentar lagi sampai saya balas. trimakasih, dan harap dimaklumi