dioda/diode

Mungkin ini yang anda cari juga!

Dioda merupakan komponen aktif di electronika, komponen ini hampir ada disetiap semua alat elektronik, dioda terbuat dari bahan semi konduktor. dioda mempunyai dua kaki kutub yaitu kutub anoda dan kutub katoda, dalam dioda arus listrik dapat mengalir searah dan tidak dapat berbalik arah 

dioda
Pada umumnya dioda digunakan untuk penyearah tegangan ac ke dc dan fungsi lainnya juga ada, jenis jenis dioda yaitu:

lambang dioda
  • DIODA BIASA
Dioda biasa merupakan dioda yang banyak kita jumpai dibagian powersupply. dioda ini sering digunakan sebagai penyearah. dioda biasa ini disebut juga dioda normal. dan ada juga digunakan pada rangkaian radio frequensi(RF). 
  • DIODA ZENER
Dioda zener merupakan seperti pengatur tegangan, banyak digunakan sebagai pengatur tegangan tetap, yang biasa tertera di badan dioda zener tersebut. misalkan dioda zener 3.3v nah dioda ini akan mengatur tegangan tetap pada 3.3v dan tidak lebih dikarenakan sifat dioda ini dapat bekerja pada rangkaian bias balik. dan pada saat bias maju dioda ini dapat berfungsi seperti dioda normal menhantarkan listrik.
  • LED
LED(light emitting diode) merupakan dioda yang transparan yang dapat memacarkan cahaya. led kita jumpai di sekeliling kita. led biasa digunakan sebagai lampu indikator dan sekarang ini juga digunakan untuk pencahayaan, yang merupakan dapat menyerap energi listrik lebih hemat dibandingkan lainnya. cahaya led bermacam macam bisa putih, merah, biru ,hijau dan warna lainnya. led mempunyai dua kaki anoda dan katoda, anoda positif dan katoda negatif.
  • DIODA FOTO
Dioda foto merupakan dioda yang dapat menghantarkan arus listrik jika mendapatkan cahaya, jadi pada kaki positif dioda foto diberi tegangan dan bila terkena cahaya arus listrik dapat terhantar ke kaki negatifnya atau katodanya, dioda foto banyak digunakan untuk sensor sencor cahaya, dan pada dunia robotika dida foto banyak digunakan pada robot line follower. 
  • DIODA TUNEL/TEROBOS/ESAKI
Dioda tunel merupakan dioda yang dapat beroprasi pada gelombang yang sangat cepat dan tinggi yang berfungsi dengan baik pada gelombang micro
  • DIODA VARAKTOR
Dioda varacktor memiliki kapasitas yang berubah ubah sesuai dengan sumber tegangan yang diberikan padanya. dida varaktor biasa digunakan pada bagian frequensi oscilator. biasa digunakan di tv tuner, radio.
  • DIODA SCHOTTKY
Merupakan jenis dioda yang dapat beroprasi pada tegangan rendah berkisar 0.14v - 0.4v yang lebih rendah dibandingkan dioda biasa yang butuh 0.6v untuk normal bekerja. biasa juga dioda ini digunakan pada rangkaian penyearah juga
  • SCR
SCR(silicon control rectifier) merupakan dioda yang yang mempunyai fungsi sebagai pengendali.scr sering diaplikasikan untuk saklar(switch control) dan rangkaian pengendali(remote control)
  • DIODA LASER
Dioda laser adalah dioda yang dapat memancarkan kan cahaya. biasa digunakan pada optik optik dvd vcd dan lain lain.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berkomentarlah yang baik dan benar agar dapat membantu sesama, komentar akan saya balas di hari kerja dan jam kerja. jika komentar anda tidak saya balas berarti saya tidak bisa membalasnya dikarenakan saat dibalas tidak muncul komentar anda di postingan saya. mohon berkomentar lagi sampai saya balas. trimakasih, dan harap dimaklumi