Skema charger aki sederhana

Mungkin ini yang anda cari juga!

Dibawah ini adalah skema charger aki yang sangat sederhana, tapi fungsinya sama dengan yang lainnya,skema dibawah ini ddedikasikan untuk baterai aki 12v, baterai  motor atau lainnya. untuk pertimbangan kenapa sangat sederhana? iya disini hanya untuk mengisi saja tidak ada pemutus otomatisnya. lihat dan perhatikan gambar skema dibawah ini dengan seksama dan teliti...

charger aki

pada gambar diatas skema
charger aki hanya mengunakan sebuah trafo dan sebuah dioda. untuk mengisi sebuah baterai maka kita harus memberikan tegangan lebih tinggi dari baterai tersebut. namun tidak boleh ketinggian. nah disini saya sarankan jika anda dalam mode normal pengecasan aki 12v maka saya sarankan untuk memakai 15v saja. karena baterai akan di isi secara perlahan. agar usia baterai awet nantinya. jika ingin cepat ya bisa gunakan lebih besar lagi. disini saya sarankan menggunakan trafo 3amper atau diatasnya. dan dioda gunakan yang dioda 6 ampere atau diatasnya. jadi dalam pengecasan kutup positif ke positif dan negatif ke negatif baterai. untuk batas penuhnya kita bisa menggunakan voltmeter. untuk aki 12v batas penuh maksimal yaitu pada 14,2v. jadi setelah mencapai 14,2v aki sudah bisa dicopot dari pengecasan. sekian trimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berkomentarlah yang baik dan benar agar dapat membantu sesama, komentar akan saya balas di hari kerja dan jam kerja. jika komentar anda tidak saya balas berarti saya tidak bisa membalasnya dikarenakan saat dibalas tidak muncul komentar anda di postingan saya. mohon berkomentar lagi sampai saya balas. trimakasih, dan harap dimaklumi