Apakah kabel antena tv bisa untuk kabel listrik?

Mungkin ini yang anda cari juga!

Kabel antena tv merupakan kabel yang diperuntukan untuk kabel distribusi sinyal radio yang didesain sedemikian rupa agar dapat mengirimkan sinyal agar tidak terganggu oleh sinyal dan gangguan lainnya, dari sisi desain sebuah kawat pejal sebagai yang utama untuk sinyalnya yang ada isolator kayak plastik sebagai pembungkus kawat pejal dan dibungkus lagi oleh aluminium foil dan dibungkus lagi oleh kabel serabut sebagai grounding atau negative  dan dibungkus oleh jaket pembungkus luar nah itulah review dari kabel antena tv nah disini akan saya jelaskan tentang fungsi dari bagian dalam kabel ini 
kabel antena tv
perhatikan gambar diatas coba liat, mungkin dengan lihat saja
sudah paham, lanjut berikut ada penjelasan mengenai bagian dari kabel ini
  • Inti kawat pejal biasa terbuat dari tembaga, berdiameter bervariasi tergantung dari pabrikannya dan kebutuhan untuk antena jenis apa, nah disini inti pejal ini adalah sebagai yang utama yaitu kalau di tegangan ya kaki positifnya, nah disini ini adalah aliran sinyal melalui inti pejal ini, yaitu distibusi sinyalnya lewat sini.
  • Pembungkus aluminium foil pembungkus ini berfungsi untuk melindungi inti pejal tadi agar tidak terganggu oleh gangguan sinyal lain dan lain lain 
  • Kabel serabut kenapa harus kabel serabut?? tidak kabel pejal saja? nah kabel serabut ini disini berfungsi sebagai negatif atau grounding, kabel serabut ini melingkari dan membungkus inti pejal dan berfungsi sebagai grounding serta menetralan gangnguan gangguan sinyal yang ada dari luar, sehingga tidak mengganggu inti pejal sebagai penghantar sinyal. 
  • Jacket pembungkus kabel yaitu pembungkus terluar yang melindungi kabel dari hujan panas dan gangguan lainnya, serta sebagai isolator untuk kabel ini.
  • Mempunyai Impedancy kabel antena mempunyai impedancy bermacam macam, pada umumnya untuk antena tv mempunyai impedancy 75 ohm dan bermacam lagi.
Jadi apakah bisa kabel antena tv untuk kabel listrik? dari segi teknis dan keperuntukannya jwabannya tentu tidak bisa, jenis kabel antena merupakan kabel yang menyatu, maksudnya kabel inti dibungkus oleh kabel lain. jadi ya mudah short dan tidak tahan panas. selain itu, kabel antena juga mempunyai impedancy jadi jika dipasangkan tegangan akan berkurang sampai tujuan. dari segi keamanan sangat tidak aman untuk dialiri arus listrik, dan tidak untuk instalasi listrik. ada juga yang bandel tidak memperhatikan faktor keselamatan dan bahaya nya. tetep dipasang. hidup dan bisa, namun tegangan berkurang. dan dapat menpengaruhi kinerja perangkat yang tersambung oleh kabel ini. jadi gunakan lah kabel yang sesuai fungsinya agar tetap aman dan selamat dari bahaya kebakaran, jadi kabel antena gunakan lah untuk antena dan kabel listrik gunakanlah kabel listrik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berkomentarlah yang baik dan benar agar dapat membantu sesama, komentar akan saya balas di hari kerja dan jam kerja. jika komentar anda tidak saya balas berarti saya tidak bisa membalasnya dikarenakan saat dibalas tidak muncul komentar anda di postingan saya. mohon berkomentar lagi sampai saya balas. trimakasih, dan harap dimaklumi