Skema running led atau led berjalan

Mungkin ini yang anda cari juga!

Tugas di sekolah STM/SMK terutama anak elektronika, pasti diberi tugas untuk membuat sebuah rangkaian elektronika, nah disini ada rangkaian elektronika sederhana cukup dengan dua buah IC dan beberapa komponen lainnya, pada skema ini led hidup seperti berjalan dan bisa diatur kecepatannya
running led

Daftar Komponen

IC1=             CD4017
IC2=               NE555
C1=          100uF/16V
C2=            10uF/16V
C3=       10n atau 103
VR=                  100K
R11=                   2K2
R1-R10=              330
LED1-LED10= LED
VCC=        9-12VDC
Pada skema ini ic ne555 berfungsi sebagai clocknya dan sedangkan VR berfungsi sebagai pengatur clock dari ic NE555 tersebut, sedangkan out clock dari ne555 diberikan ke clock ic cd407, jadi untuk kecepatan led berjalan hidupnya diatur oleh VR tersebut. untuk tegangan bisa anda gunakan tegangan 9-12VDC. untuk LED bisa andfa gunakan led 3mm atau led 5mm, led smd pun bisa. jika led kurang terang bisa anda kurangi nilai dari R1-R10.


1 komentar:

  1. If you're trying to lose kilograms then you absolutely have to start using this totally brand new custom keto meal plan diet.

    To produce this keto diet, licensed nutritionists, fitness couches, and professional cooks joined together to develop keto meal plans that are effective, painless, price-efficient, and fun.

    Since their first launch in 2019, hundreds of people have already completely transformed their body and well-being with the benefits a good keto meal plan diet can provide.

    Speaking of benefits: in this link, you'll discover eight scientifically-proven ones given by the keto meal plan diet.

    BalasHapus

berkomentarlah yang baik dan benar agar dapat membantu sesama, komentar akan saya balas di hari kerja dan jam kerja. jika komentar anda tidak saya balas berarti saya tidak bisa membalasnya dikarenakan saat dibalas tidak muncul komentar anda di postingan saya. mohon berkomentar lagi sampai saya balas. trimakasih, dan harap dimaklumi