Cara memperbaiki kipas angin tidak mau putar cuma berdengung keras

Mungkin ini yang anda cari juga!


Kipas angin merupakan alat kipas kipas otomatis, setiap rumah sudah punya, nah pada kipas angin dibawah ini adalah kipas angin stand, 4 kabel motornya, kerusakan yaitu kipas tidak mau berputar, jika pada level tertinggi mau putar tapi dibantu diawal dan kemudian macet lagi, kipas jadi panas kali overheat untung saja tidak putus fuse pengaman  panasnya, bunyi bergetar sangat keras yang menandakan kumparan bekerja dan arus listrik masuk pemecahan dari masalah ini ada beberapa langkah untuk pemeriksaan yaitu

kipas angin

pertama pemeriksaan yaitu penggantian capasitor, karena hal ini biasa terjadi jika mesin dengung tidak mau berputar, sedangkan motor tidak macet, nah setelah penggantian capasitor ternyata masih juga tidak berputar, wah apa ya yang rusak?? setelah ini saya periksa rotornya ternyata oblak, oglak pada boshing depan, nah inilah yang menyebabkan motor tidak bisa berputar, karena saat oblak magnet lengket ke kanan dan kiri semua arah sehingga tidak terjadi perlawanan medan magnet yang menyebabkan berputar, boshing ini bisa diambil dari kipas yang rusak ataupun beli baru juga ada, nah disini saya menggunakan yang bekas yaitu bekas kipas yang rusak spull nya jadi boshingnya bagus, jadi pemeriksaan cukup mudah oglak oglakan aja motor shaft kipas ke kanan kiri jika boshing udah longgar akan terasa oblak, nah ini terasa , dan trus saya bomgkar, pada saat bongkar boshing cukup mudah lepaskan pengikat boshing ada klip 3 buah didepan, congkel saja dan nanti pasang seperti itu lagi,
setelah pergantian boshing, pasang ulang dan kipas mutar lancar jaya, jadi masalahnya ada pada boshing as motor kipas ini. sekian trimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berkomentarlah yang baik dan benar agar dapat membantu sesama, komentar akan saya balas di hari kerja dan jam kerja. jika komentar anda tidak saya balas berarti saya tidak bisa membalasnya dikarenakan saat dibalas tidak muncul komentar anda di postingan saya. mohon berkomentar lagi sampai saya balas. trimakasih, dan harap dimaklumi