Tv toshiba mati total

Mungkin ini yang anda cari juga!

Dibawah ini adalah hasil dari perbaikan tv toshiba, kerusakan mati total , saat hidup awal adalah kyak kedipan listrik pertanda arus masuk ke rangkaian penyearah awal di dalam mesin tv ini, ya tv toshiba tabung ini 
Tv toshiba mati total

 setelah pengetesan hidup tv  dan ternyata tidak ada tanda tanda ya langsung bongkar saja, dalam pemriksaan tegangan 300v ada dan menyimpan, nah berarti ini tidak nyampai ke str tegangannya, tv ini menggunakan str dui powernya yaitu str Z2154B, langsung saja periksa strnya ternyata kaki colector ke ground short, yaitu kaki 1 dan gnd short,

Tv toshiba mati total
nah setelah itu langsung cabut str dari board tv untuk menastikan lagi dan ternyata short, dibawah ini adalah str tersebut, kalau udah short maka pengaman akan putus nah pengaman untuk tegangan positif ini menggunakan kayak fuse resitor gitu

str z2154b

nah ini adalah bentuknya dari pengaman tersebut  dengan kode di board ZP05 dan putus. gampang saja menandainya, jika tegangan di elco masih menyimpan , berarti ini komponen udah putus. 
zp05

ini komponen putus disebabkan karena str short, jadi langsung mengamankan. seandainya tidak ada ini komponen kemungkinan str pecah mungkin.

zp05


jadi kerusakan ini hanya str saja dan pengaman tersebut. 

zp05

setelah penggantian komponen tersebut tv hidup dan oke. nah jadi ini mati tv karena str short dan komponen zp05 putus karena mengamankan .jadi yang utama adalah str tersebut penyebabnya karena short.
 

2 komentar:

  1. Siang pa komponen itu apa namanya saya mau cri. Saya tulis sesuai kode yang keluar ny bkn. Apa ya nama komponen ny mohon info ny trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. pagi bg, untuk kerusakan diatas yaitu STR banyak kok dijula. sedangkan zp adalah sejenis lilitan pengaman saja. jadi bisa abg ganti pakai lilitan yang seperti resistor. atau abg bisa gunakan resistor 2 watt yang nol koma nilainya

      Hapus

berkomentarlah yang baik dan benar agar dapat membantu sesama, komentar akan saya balas di hari kerja dan jam kerja. jika komentar anda tidak saya balas berarti saya tidak bisa membalasnya dikarenakan saat dibalas tidak muncul komentar anda di postingan saya. mohon berkomentar lagi sampai saya balas. trimakasih, dan harap dimaklumi