Mesin cuci lg turbo drum tidak bisa buang air atau drain

Mungkin ini yang anda cari juga!

 Mesin cuci adalah alat yang mempermudah pekerjaan untuk mencuci pakaian, alat ini biasa kita jumpai di setiap keluarga, karena dapat membantu pekerjaan rumah tangga yaitu mencuci pakaian, mesin cuci ada yang jenis manual dan ada juga yang otomatis, yang manual biasanya menggunakan dua tabung loading, sedangkan yang otomatis cukup satu aja, nah disini yang saya jumpai yaitu yang otomatis merek LG turbo drum, gejala nya yaitu mesin berfungsi normal tetapi saat membuang air atau drain  tidak bisa, ada beberapa masalah yang bisa terjadi yaitu saluaran air pembuangan sumbat, motor drain untuk membuka katub rusak atau pun di mainboard control tidak dapat memberikan tegangan untuk motor drain tersebut.

lg turbo drum

Setelah cover belakang saya buka dan lanjutkan penelusuran dan pengetesan pembuangan air, yang terjadi katub tidak terbuka, cek tegangan oke, cek pipa saluran oke tidak ada yang tersumbat, dan lalu pengecekan keb bagian motor yang untuk narik aktup pembuangan air, bisa dilihat pada gambar di bawah ini yang ujung tanda panah

lg turbo drum

Motor penarik ini dibaut dengan 3 buah yang panjang, lepaskan penarik katub ini dan test kasih tegangan, penariknya tidak bergerak sama sekali, yang seharusnya saat diberi tegangan menarik kebelakang nah ini tidak terjadi reaksi apa apa, bentuk penampakan sepeeti dibawah ini

motor pengering lg

Setelah itu ya disimpulkan penarik katub ini yang rusak, nah ini ditempat saya dijual 100k perbuah, dan langsung pasang, dan bisa narik setelah saya test sebelum dipasang ke body tabung cucinya, setelah pasang ketempat semula, test buka katup , normal seperti biasa. dan test mencuci normal juga tidak ada efek samping setelah pergantian. jadi disimpulkan kerusakaan pada masalah ini yaitu motor penarik drain nya rusak. jadi katub tidak bisa dibuka


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berkomentarlah yang baik dan benar agar dapat membantu sesama, komentar akan saya balas di hari kerja dan jam kerja. jika komentar anda tidak saya balas berarti saya tidak bisa membalasnya dikarenakan saat dibalas tidak muncul komentar anda di postingan saya. mohon berkomentar lagi sampai saya balas. trimakasih, dan harap dimaklumi