Receiver parabola optus tidak ada sinyal

Mungkin ini yang anda cari juga!

 Alat penerima siaran tv di kawasan pelosok dan pedesaan yang pada umumnya tidak dapat siaran dari repeater siaran analog maupun digital menggunakan penerimaan siaran satelit yang langsung dari satelit, alat penerima biasa orang orang sebut parabola, dalam parabola ada beberapa part penting yang biasa dikenal seperti recevier, payung atau wajan parabola dan  lnb, yang semua ini saling bekerjasama dan keterkaitan agar dapat menerima dan mengolah siaran satelit yang ditampilkan di tv, dalam hal ini terutama yang saya dapati adalah masalah receiver merek optus yang tidak ada sinyal, pemeriksaan pertama yaitu kita lihat level sinyal nol, pemeriksaan dimulai dari posisi parabola, arah ke satelit, lnb dan terakhir di receiver tersebut.


receiver optus

dari hasil pemeriksaan arah parabola ke satelit, arahnya sudah benar, dan lanjut ke lnb, koneksi udah benar, lalu ke kabel dan kabel bagus. dan masih juga tidak ada sinyal. nah untuk mengetes bahwa arah kabel dan lnb benar benar tidak bermasalah , saya menggunakan receiver lain dan alhasil sinyal muncul dan normal seperti biasanya. wah jadi kerusakan pada receiver tersebut. kalau dilihat receiver hidup normal, semua lampu dan tampilan ada.dan terakhir pemeriksaan di receiverpada ic ic yang biasa rusak eh adem dan tidak panas.

receiver optus

lalu periksa tegangan input dari psu dan ternyata ini yang kurang, supply yang seharusnya 12vdc kini hanya 7,77vdc saja, dan ini kurang. jadi receiver ini terpisah adaptornya, solusi bisa ganti adaptor atau perbaiki adaptor. nah setelah diganti adaptor pada receiver ini, sinyal muncul dan normal seperti sedia kala. nah jadi masalahnya adalah tegangan kerja kurang. jadi adaptor rusak. sekian  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berkomentarlah yang baik dan benar agar dapat membantu sesama, komentar akan saya balas di hari kerja dan jam kerja. jika komentar anda tidak saya balas berarti saya tidak bisa membalasnya dikarenakan saat dibalas tidak muncul komentar anda di postingan saya. mohon berkomentar lagi sampai saya balas. trimakasih, dan harap dimaklumi