Pompa air berdengung susah berputar dan dibantu putar dulu baru berputar

Mungkin ini yang anda cari juga!

 Disetiap rumah tangga maupun kantoran serta pertanian dan industri sekalipun pasti menggunakan pompa air, baik untuk menaikkan air kepenampungan maupun sebagai pendorong untuk mengalirkan air. untuk rumahan biasa menggunakan yang kecil keci, dan sederhana tidak menggunakan control lebih. hanya menggunakan otomatis saja itupun kalau ada, nah disini yang pernah saya hadapi yaitu skala rumahan yang hanya menggunakan saklar untuk hidup matinya mesin pompa air tersebut.

pompa air
ilustrasi pompa air. gambar diambil dari pencarian google

Permasalahan yang terjadi yaitu ketika dihidupkan mesin berdengung tidak mau putar, harus dibantu dulu agar berputar. putaran agak kurang maksimal, dan jika sudah pernah hidup dalam waktu beberapa jam ,tidak perlu dibantu lagi, nah ini sering terjadi saat pagi hari dikarenakan mesin pompa tersebut lama waktu jeda nya, setiap pagi selalu mengalami begitu, mesin harus dibantu. biasa penyebabnya ini putaran kurang karena capasitor start untuk bantu berkurang kapasitasnya. nah disini capasitor tersebut nilainya 4,5uF nah saya cari tidak dapat nilai yang sama, lalu saya ambil yang diatasnya 5uF, dengan merek An**l dan saya pasang perubahan sedikit saja. dalam beberapa hari tetap begitu lagi dan harus dibantu lagi. nah kecurigaan saya ini capasitor tidak bagus, kapasitas tidak sesuai. dan saya beli yang merek lain lagi dan teryata mesin joss, putaran maksimal dan start halus. jadi disini kualitas komponen dalam beli sparepart baru harus diperhatikan. jika punya alat ukur sebaiknya di ukur dulu kapasitasnya. jadi penyebab utama pada pompa air ini adalah capasitor yang sudah berkurang nilainya, jadi menyebabkan demikian. oh ya mesin pompa ini merek Pana****c yang 125watt. jadi clear masalah di capasitor
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berkomentarlah yang baik dan benar agar dapat membantu sesama, komentar akan saya balas di hari kerja dan jam kerja. jika komentar anda tidak saya balas berarti saya tidak bisa membalasnya dikarenakan saat dibalas tidak muncul komentar anda di postingan saya. mohon berkomentar lagi sampai saya balas. trimakasih, dan harap dimaklumi