Kipas angin yundai mati bau gosong

Mungkin ini yang anda cari juga!

Kipas angin merek yundai siapa yang tidak tau, pernah jaya dimasanya, dimana kipas angin ini menggunakan remot dan sangat kencang serta baling balingnya menggunakan besi, dan sangat banyak peminat dimasanya, mempunyai tiga speed low,medium dan high, timer dan putar putar.(sama sih fitur nya dengan merek lainnya) nah penyakit yang didapat pada kipas merek yundai punya tetangga saya yaitu mati dan ada bau gosong. pengecekan pertama pada bagian controller yang menggunakan tombol tombol dan bunyi tit tit tit kalo ditekan. dan ini semua tidak berfungsi dan mati semua. pengecekan 

controller kipas angin yundai
controller kipas angin yundai

pertama pada bagian ini setelah buka box controller terdapat capasitor yang sudah meleleh, scr yang pecah, resistor yang gosong dan fuse yang putus. nah semua ini komponen untuk switch electric nya. SCR BT 134, MAC97A8, CAPASITOR 3,5uF/450V, FUSE 2A dan R560 Ohm. setelah itu cari sparepart dan tenyata bt134 dan mac97a8 tidak ada di daerah saya , nah penggati untuk itu saya gunakan bt136 untuk menggantikan bt134 dan bt131 untuk mac97a8 nya. pemasangan komponen , test tanpa beban dan controller berfungsi , ada tegangan disetiap speed dan fitur lainnya saat di tekan tombolnya. langsung pemasangan ke motor  dan jangan lupa capasitor dipasang. langsung ujiciba hidupkan  tekan tombol on dan langsung tek fuse nya putus lagi. kalau modul sudah beres berarti motor bermasalah, dan pengecekan ternyata motornya gosong dibagian ininya, lihat gambar dibawah ini
 
motor kipas angin yundai
motor kipas angin yundai gosong

nah yang gosong itu lah yang sudah short, sehingga fuse tadi putus. lanjut punya cerita motor harus diganti atau digulung ulang. serahkan ke pemiliknya dan ternyata pemiliknya memilih beli motor baru.tidak mau gulung ulang. setelah dibeli yang baru dan sama 99% dengan merek motor JMC disini kenak harga 220k. dan diserahkan ke saya. dan saya cek ulang controller. normalkan lagi dan tes motor barunya. dan normal lagi kipasnya.hasil putaran kencang. mirip lah dengan aslinya. motor bisa dilihat digambar bawah ini

motor kipas angin yundai
motor kipas angin jmc

pemasangan motor pengganti kipas angin yundai ini PNP dan tanpa diapa apakan lagi. putaran kencang dan bisa dibilang sama lah dengan yang lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berkomentarlah yang baik dan benar agar dapat membantu sesama, komentar akan saya balas di hari kerja dan jam kerja. jika komentar anda tidak saya balas berarti saya tidak bisa membalasnya dikarenakan saat dibalas tidak muncul komentar anda di postingan saya. mohon berkomentar lagi sampai saya balas. trimakasih, dan harap dimaklumi