Perbedaan thermistor NTC dan PTC

Mungkin ini yang anda cari juga!

Thermistor adalah sebuah jenis resistor yang nilai resistansinya dipengaruhi oleh suhu yang mengenainya ataupun disekitarnya. biasa banyak digunakan di alat alat electronik yaitu untuk proteksi ataupun lainnya.nilai dari termistor mempunya banyak jenis misal 100k,10k. Thermistor mempunyai dua jenis yaitu thermistor NTC dan thermistor PTC

thermistor
Thermistor PTC & NTC

Thermistor NTC, NTC adalah singkatan dari negatif temperature coefficient yaitu jika suhu menurun maka nilai resistansinya akan naik dan jika panas maka nilai resistansinya menurun. biasa bahan NTC terbuat daripolimer atau keramik. dan rentan sensitifitas suhu berkisar -55° C sampai 200° C dan ini tidak jadi patokan karena setiap thermistor berbeda beda tergantung pada jenis bahan yang digunakan dan spesifikasi pembuatannya

Thermistor PTC, PTC adalah singkatan dari positif temperature coefficient yaitu jika suhu menurun maka nilai resistansi akan menurun dan jika suhu naik maka nilai resistansi juga ikut naik. sensitifitas thermistor ini tidak cepat tetapi perlahan. berdasarkan suhu yang mengenainya. biasa ini diaplikasikan dibagian regulator power supplu ataupun rangkaian lainnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berkomentarlah yang baik dan benar agar dapat membantu sesama, komentar akan saya balas di hari kerja dan jam kerja. jika komentar anda tidak saya balas berarti saya tidak bisa membalasnya dikarenakan saat dibalas tidak muncul komentar anda di postingan saya. mohon berkomentar lagi sampai saya balas. trimakasih, dan harap dimaklumi