Penyebab Transistor horizontal sering jebol terus

Mungkin ini yang anda cari juga!

transistor
ilustrasi transistor horizontal
Dalam dunia service terkadang kita diuji dengan komponen yang rusak terus menerus selain uji materi tentu juga uji kesabaran, nah ini biasa terjadi disaat kita sedang service tv yang kerusakan pada bagian horizontal. dan biasa kerusakan pada transistor tersebut. ada beberapa hal yang harus kita perhatikan yang dapat menyebabkan transistor horizontal jebol jebol aja diantaranya yaitu:
  • Capasitor Dumper, pada capasitot dumper ini biasa terjadi yang voltasenya tinggi. ini terjadi biasa nilai dari capasitor tersebut yang sudah berkurang, dan bisa juga pada capasitor yang rendah voltasenya juga.
  • Yoke defleksi, kualitas dari yoke yang sudah menurun ataupun yang sudah mengalami kerusakan sehingga impedancy nya sudah mulai menurun, jadi memaksa transistor untuk lebih extra untuk bekerja. dan hal ini biasa jarang terjadi, tetapi ada juga.
  • Flyback, kerusakan pada flyback bisa juga menyebabkan, ada yang udah short dengan body atau ferit flyback tersebut, dan ada juga yang udah bocor ke kaki pin lainnya. ataupun ada yang suda tampak jelas sudah bocor menyemburkan api ke komponen lain ataupun heatsink.
  • B+ tegangan Flyback, nah perlu diperhatikan tegangan supply flyback jangan berlebih selain membuat gambar lebih lebar tetapi juga buat transistor jebol juga. sesuakan dengan data yang ada pada tv tersebut jika ada tertera di pcb nya.
  • Heatsink, kurangnya pendingin juga dapat membuat jebol juga, ada juga merek tv tertentu tidak menggunakan heatsink, tetapi alangkah baikknya gunakan heatsink bila transistor tersebut panas, agar lebih awet krena panas terserap.
  • Salah memilih transistor yang tepat jika menggunakan persamaannya, semisalkan kita dapat pasien 21 inch krena yang ada stok untuk 14 inch kita pasang saja. nah ini suatu hal yang tidak dibenarkan, sebaiknya gunakan part yang sama, kecuali dengan pertimbangan dan kebijakan tertentu pada kasus tv ini.
  • Kualitas komponen yang buruk, sering dapat yang palsu walau harga sama dengan yang asli. hal ini ya bisa buat kantong tekor, dan parahnya lagi ke sangsi sosial, konsumen agak berkurang kepercayaannya kepada kita dikarenakan part palsu pasang jebol jebol aja dan dikira kita kerja tidak beres.
demikian bneberapa hal yang bisa membuat transisitor horizontal jebol terus, jika ada yang kurang mohon ditambahkan agar artikel ini jadi lengkap dan sempurna, sekian terimakasih .

12 komentar:

  1. gan tv saya sharp 29", penyakit nya tr hor, jebol terus dan panas. terus kalau posisi di matiin pake remot terus di nyalain lagi si layar nya jadi menyempit kanan kiri dan bergaris. mohon pencerahan nya gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek tegangan B+ normal atau tidak. ganti tr hor dengan yg kualitas bagus.cek capasitor dumpernya

      Hapus
  2. Master tv saya AKIRA, tr horizontalnya D5036, saya cara di pasaran gak ada jual, saya ganti persamaan dengan D2253, tapi pasang setengah jam jebol lg, mohon solusi master

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek capasitor dumper, terkadang d2253nya gk asli juga mau jebol. cari saja yang sudah teruji tr nya(tr cabutan) biasa awet mas e.

      Hapus
  3. Teman" ada skema Sharp 21ESF251E3, saya punya masalah tr Hoz jebol(sebelum jebol kata pemilik tv ada suara semacam loncatan tegangan tinggi) saya sudah B+ tanpa beban sktar 160volt, sudah ditelusuri belum ditemukan penyebabnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu naik tegangan gan, saya tidak punya skema, jika ada yg baca komen ini dan punya skema tolong dibantu kwan kita hon siong... coba cek bagian optocoupler dan sekitarnya, jika menggunakan ic tl431 coba ganti dan cek resistor resistor bernilai besar ratusan k

      Hapus
  4. Teman" ada skema Sharp 21ESF251E3, saya punya masalah tr Hoz jebol(sebelum jebol kata pemilik tv ada suara semacam loncatan tegangan tinggi, ada suara pletak...pletek) saya sudah cek B+ tanpa beban sktar 160volt, sudah ditelusuri belum ditemukan penyebabnya.

    BalasHapus
  5. itu naik tegangan gan, saya tidak punya skema, jika ada yg baca komen ini dan punya skema tolong dibantu kwan kita hon siong... coba cek bagian optocoupler dan sekitarnya, jika menggunakan ic tl431 coba ganti dan cek resistor resistor bernilai besar ratusan k

    BalasHapus
  6. Ijin tanya ter. Tv samsung slim jika tanpa yok mesin hidup dan tahan tidak panas. Jika dipasang yoke lansung panas dam jebol. Padahal tv yg sama ada dan komponen horizontal sdh dicoba semua. Yok, kapasitor, xtall.

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cek tegangan b+ nya gan, kebesaran tidak, trus cek flybacknya ada bocor tidak.

      Hapus
    2. ini yg jebol yoke nya atau tr horizontalnya gan?

      Hapus
    3. jika yoke nya, perhatikan impedancy dari yoke tersebut.

      Hapus

berkomentarlah yang baik dan benar agar dapat membantu sesama, komentar akan saya balas di hari kerja dan jam kerja. jika komentar anda tidak saya balas berarti saya tidak bisa membalasnya dikarenakan saat dibalas tidak muncul komentar anda di postingan saya. mohon berkomentar lagi sampai saya balas. trimakasih, dan harap dimaklumi