cara memeriksa mesin motor kipas angin dengan multitester analog

Mungkin ini yang anda cari juga!


Dalam pengaplikasian sehari hari dimasyarakat jika sebuah kipas angin sudah tidak tertolong lagi adalah dengan mengganti mesinnya atau dinamonya atau motornya, motor ini terdiri dari 4 kabel satu kabel nol dan 3 lainnya fasanya dan speednya, oke langsung saja gimana cara memeriksanya! cukup gampang kok, perhatikan gambar dibawah ini dengan teliti dan seksama......
motor kipas angin

pertama atur skala avo meter anda pada skala X1 atau X10 mana aja yg bisa dikalibrasi ke nol, disini saya menggunakan X10, karena skala itu yang bisa saya kalibrasi ke nol pada avometer saya, pada pengukuran pertama disni kita periksa dulu dari luar yaitu dari stekernya, letakkan kedua probe avo pada kedua kutub steker, dalam posisi on, haru ada tahanan, baik diputar pada speed 1,2,3 semua memiliki tahanan, jika tidak, berarti rusak, ini bisa terjadi karena terlalu panas dan skring pengaman panas putus, jika putus ya harus dibongkar dan diganti, periksa dulu sekring panasnya, biasa ada didalam gulungan, bongkar saja gulungannya, sebelum bongkar periksa dulu motornya apakah benar rusak, periksa dari keadaan tanpa steker, terkadang switch rusak jadi kita periksa langsung ke mesinnya, didalam mesin ada 4 kabel, letakkan kabel probe ke kabrl hitam atau nol, pada gambar diatas itu nomor 3, dan probe satu lagi ke speed nya, atau fasanya. ada tahanan tidak, jika tidak sekring panas putus jika ada maka nilai tahanan intu skitar 500 ohm pada speed tertinggi dan 750 ohm pada speed terendah, jadi setiap speed tahanannya berbeda, makin rendah tahanannya maka semakin cepat putarannya, pada gambar diatas speed pada kabel 1,2,4. jadi probenya 3-1, 3-2, 3-4 dan memiliki tahanan berbeda, oh ya setiap kipas yang baik pasti ada tahanannya, jika ada dan tidak berputar berarti bisa saja rusak bagian lainnya seperti capasitor , boshing dan lain lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berkomentarlah yang baik dan benar agar dapat membantu sesama, komentar akan saya balas di hari kerja dan jam kerja. jika komentar anda tidak saya balas berarti saya tidak bisa membalasnya dikarenakan saat dibalas tidak muncul komentar anda di postingan saya. mohon berkomentar lagi sampai saya balas. trimakasih, dan harap dimaklumi