Cara membedakan type npn atau pnp transistor dengan menggunakan multitester analog

Mungkin ini yang anda cari juga!

c5200 a1943
Transistor mempunyai dua type yaitu NPN dan PNP, didalam pengaplikasiannya ada yang menggunakan berpasangan ataupun sendirian, untuk mengetahui type transistor NPN atau PNP cukup mudah kok, cuma dengan
menggunakan multitester analog saja sudah cukup... Nah untuk contoh disini saya menggunakan transistor c5200 dan pasangannya a1943 anda bisa menggunakan jenis transisitor lain dan caranya juga sama langsung saja caranya yaitu siapkan multitester anda terlebih dahulu, dan pastikan dalam keadaan baik baik saja dan tidak rusak hehehe..

  • Atur  posisi pada ohm meter  yaitu pada skala X1 
  • Cari terlebih dahulu kaki basis transistor tersebut, jika tidak bisa mencarinya bisa anda baca di artikel ini
  • Setelah anda mengetahui kaki basis tersebut dan colector serta emitornya maka kita balik ke multitester.
  • Dalam multitester pada skala X1 terdapat arus listrik DC yang tidak terlalu besar dan polaritasnya terbalik, pada probe merah ini arus negatif(-) sedangakan pada probe hitam positif(+) dan dapat menghidupkan sebuah lampu led. setelah anda memahami hal tersebut maka lanjut ke tahap berikutnya
  • Ambil sebuah transisitor disni saya contoh yang a1943 letakan probe merah ke kaki basis dan pindahkan probe hitam ke kaki colector dan emitor dalam posisi probe merah dibasis maka jarum bergerak terhadap keduanya, B-C=bergerak dan B-E=bergerak, jadi ini type PNP sedangkan untuk type NPN kebalikannya, probe hitam bergerak terhadap keduanya.
Nah demikian penjelasannya semoga bisa membantu anda dalam menentukan type transistor. sekian trimakasih, jika ada yang salah mohon dikoreksi dan beritahu saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berkomentarlah yang baik dan benar agar dapat membantu sesama, komentar akan saya balas di hari kerja dan jam kerja. jika komentar anda tidak saya balas berarti saya tidak bisa membalasnya dikarenakan saat dibalas tidak muncul komentar anda di postingan saya. mohon berkomentar lagi sampai saya balas. trimakasih, dan harap dimaklumi