cara mengukur transistor c5200 dengan multitester analog

Mungkin ini yang anda cari juga!

C5200 adalah pasangan dari A1943 keduanya berkolaborasi menjadi penguat final di amplifier yang sangat digemari saat ini dikarenakan bisa bermain di tegangan tinggi, c5200 bertype NPN transistor buatan toshiba, cara cepat untuk mengetahui ini transistor rusak yaitu dengan alat ukur, nah disini saya menggunakan alat ukur tester analog alias jarum
c5200
2sc5200
langkah awal ketahui dulu datasheet kaki kaki transistor tersebut, mana yang basis mana yg emitor dan colectordan selanjutnya ambil tester analog anda, dan kalibrasi sebelum memakainya, disini kita menggunakan pada posisi ohm meter, oke langsung switch ke posisi ohm meter

X1
letakkan probe hitam di kaki basis
Basis==>Colector = bergerak sekitar 7-10 ohm
Basis==>Emitor = bergerak sekitar 7-10 ohm
Colector==>Emitor = tidak bergerak
dan dibalik probe merah dikaki basis maka tidak ada yang bergerak 

X10
letakkan probe hitam di kaki basis
Basis==>Colector = bergerak sekitar 60 ohm
Basis==>Emitor = bergerak sekitar 60 ohm
Colector==>Emitor = tidak bergerak
dan dibalik probe merah dikaki basis maka tidak ada yang bergerak 

X1K
letakkan probe hitam di kaki basis
Basis==>Colector = bergerak sekitar 5K ohm
Basis==>Emitor = bergerak sekitar 5K ohm
Colector==>Emitor = bergerak dikit sekali diposisi 2M ohm
dan dibalik probe merah dikaki basis maka tidak ada yang bergerak 

X10K
letakkan probe hitam di kaki basis
Basis==>Colector = bergerak
Basis==>Emitor = bergerak
Colector==>Emitor = bergerak dikit, dibalik juga bergerak dikit
dan dibalik probe merah dikaki basis maka tidak ada yang bergerak 

peraktek diatas saya menggunakan avometer heles YX-360TRNB jika ada yang salah beritahu saya dikomentar jika ada yang kurang mohon ditambahkan agar dapat membantu untuk kita semua

8 komentar:

  1. Mas yg pasangannya 1943 ngetesnya apa sama begitu jg. Sy ngetes ko gk ada gerakan sm sekali dg cara yg sama .

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama gan, cuma dibalik gan karena ini type NPN sedangkan yg 1943 PNP, jadi probe merah yang dikaki basisnya. bukan yg hitam.

      Hapus
  2. Wah makasih mas informasi nya ,terkadang saya bingun mana kaki 1943 dan pemasangan nya dalam bidang Elektronika sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  3. Mas power ampli saya itu konslet di input speker kira2 bagian mana yg perlu
    di cek mas.power saya jbl. 6295.
    Dan apakah itu bisa nyampek rusak ke final ya mas. Trimakasih sebelumnya atas jwabannya smoga mas diberi kesehatan danberkah yg melimpah....amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk jbl 6295 sepertinya ada speaker protektornya. jika korslet kemungkin juga bisa kena finalnya jg, tp terlebih dahulu di cek, agar pasti mana yang rusak atau masih baik baik saja

      Hapus
  4. Mlm mas, klo tipe 40QR21 ( Toshiba ) persamaan nya tipe apa? untuk kompor induksi...
    Terimakasih

    BalasHapus
  5. GT40QR21 itu IGBT mas, jadi gunakan yg sama

    BalasHapus

berkomentarlah yang baik dan benar agar dapat membantu sesama, komentar akan saya balas di hari kerja dan jam kerja. jika komentar anda tidak saya balas berarti saya tidak bisa membalasnya dikarenakan saat dibalas tidak muncul komentar anda di postingan saya. mohon berkomentar lagi sampai saya balas. trimakasih, dan harap dimaklumi