Kode error kedipan lampu indikator PGMFi

Mungkin ini yang anda cari juga!

pgmfi


Injeksi merupakan teknologi yang di aplikasikan pada motor-motor dengan metode pencampuran udara dan bahan bakar dalam kendaraan bermotor, supaya menghasilkan pembakaran sempurna, efisien dan hemat bahan bakar.Sistem injeksi terdiri dari beberapa part diantaranya injektor, injektor ini berfungsi menyuplai campuran udara dengan bahan bakar. motor injeksi, jika terjadi kerusakan pada komponen sensor-sensornya maka akan ada lampu pemberitahuan atau Malfunction Indicator Light (MIL). Lampu tersebut berwarna kuning  bergambar mesin atau sering disebut juga lampu Check Engine, berada di speedometer. Jika terjadi masalah dengan sistem injeksinya maka akan ada kedipan pada lampu tersebut. Hal itu menandakan bahwa terjadi permasalahan pada sistem PGM-FI dan lampu MIL akan menyala terus menerus selama motor belum diperbaiki.
kedipan MIL dan kode kerusakan pada sensor PGM-FI adalah sebagai berikut:

1 Kedipan
Terjadi kerusakan sensor MAP (Manifold Absolute Pressure) dan tingkat kevakuman pada intake manifold tidak stabil. MAP sendiri dipasang untuk mendeteksi jumlah udara yang mengalir ke dalam mesin dengan cara mendeteksi perubahan tekanan pada intake manifold. Sehingga ketika listrik mengalir melalui variable resistor, voltase berubah berdasarkan pada tekanan yang dideteksi dan voltase yang dihasilkan dipakai sebagai sinyal pengeluaran dari MAP. Sementara ECM menerima sinyal pengeluaran dari sensor sebagai voltase yang berubah-ubah. Tetapi Anda tak perlu khawatir, kedipan ini hanya berarti mesin berkerja masih dengan tahap normal tetapi kurang bertenaga pada putaran atas.

7 Kedipan
7 kali pada MIL, maka sensor ECT (Engine Coolant Temperature) dan sambungan EOT tidak berfungsi atau putus. Ini menyebabkan mesin sulit dihidupkan pada suhu rendah dan mesin juga menjadi cepat panas.

8 Kedipan
Sensor Throttle Position (TP sensor) pada motor anda bermasalah. TP sensor dipasang pada sumbu yang sama dengan thorttle valve dan memakai variable resistor yang berubah berdasarkan bukaan thorttle valve. Ketika TP sensor ini bermasalah, maka akan mengakibatkan boros bahan bakar, akselerasi tidak baik, dan mesin juga akan sering mati.

12 Kedipan
Injektor pada motor Anda bermasalah. Injektor bekerja sesuai sinyal dari ECM untuk menyemprotkan bahan bakar ke dalam intake manifold. Jika injektor yang menempel pada thorttle body bermasalah, maka mesin motor anda tidak akan menyala. Karena tidak adanya bahan bakar yang disalurkan ke dalam ruang bakar.

29 Kedipan
Sensor Idle Air Control Vaalve (IACV) yang bermasalah. IACV mengatur jumlah aliran udara pada putaran stasioner, pengaturan tersebut melalui throttle valve dengan mengoperasikan slide valve sesuai dengan sinyal pemasukan dari ECM agar dapat mempertahankan putaran stasioner mesin yang ditentukan standar.Dan mesin motor anda akan sulit dihidupkan.

33 Kedipan
Engine Control Module (ECM) atau  Engine Control Unit (ECU) bermasalah. Ini mengakibatkan mesin tidak dapat dihidupkan dan sering mengalami mati mendadak.

54 Kedipan
Bank Angle Sensor pada motor anda bermasalah. Bank Angle Sensor tugasnya memberikan sensor posisi motor ketika terjadi kecelakaan. Jika motor terjatuh, secara otomatis memutuskan kerja PGM-FI maka mesin motor akan mati. Karena injector, pompa bahan bakar dan ignition coil dimatikan oleh sensor tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berkomentarlah yang baik dan benar agar dapat membantu sesama, komentar akan saya balas di hari kerja dan jam kerja. jika komentar anda tidak saya balas berarti saya tidak bisa membalasnya dikarenakan saat dibalas tidak muncul komentar anda di postingan saya. mohon berkomentar lagi sampai saya balas. trimakasih, dan harap dimaklumi