Cara membuat booster tv agar lebih bening siarannya

Mungkin ini yang anda cari juga!

Dalam pembelian booster baru sering kali kita mengalami kurang puas karena gain yang dihasilkan tidak maksimal, siaran masih banyak semutnya. ada cara mudah untuk memaksimalkan kinerja booster agar semua siaran clink dan terang semua yaitu dengan mengganti sebuah komponen,,

booster tanaka
contoh booster

komponen yang dimaksud disini adalah sebuah elco yaitu pada elco penyearah nya stelah dioda. biasa elco tersebut bernilai 100uF/35V  ada 3 buah. nah komponen inilah yang kita ganti, kita besarkan nilai faradnya ganti saja dengan 1000uF/35v atau setidaknya diatas 470uF/35. saya sarankan 1000uF/35V. dengan catatan anda jangan menyetel lagi gain dari booster tersebut. biarkan bawaan standar booster. 
pada gambar diatas dapat dilihat pada gambar yang saya kotakin warnah merah. itu elco yang sudah saya ganti dan saya terapkan dalam pemasangan booster baru.





25 komentar:

  1. cuma satu mas yg di gantinya.. yg tengah aja ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas satu aja dibesarkan nilai elconya setelah penyearahnya

      Hapus
  2. ok mas mksh tutornya

    BalasHapus
  3. Bang booster sy isinya elco 10uF 50v, 100uF 16v, 330uF 25v. Yg mana yg sy ganti?

    BalasHapus
  4. bang kalau utk ngurangi gain boster sanex gmn? 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. pada booster atasnya ada setelan trimpotnya, buasa ada ditulis GAIN UHF atau GAIN saja

      Hapus
  5. Gan, saya baru beli antena TV UHF komplit tp pas d pasang koq booster putih nya tdk mau menyala. Sedangkan bila d lepas booster putih itu hidup, tp d pasng lg ttep tdk nyala itu knp ya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu short gan, mungkin agan waktu masang kabel serabut ama yang tunggal menyatu alias korslet... kabel tunggal dan serabut tidak boleh nyatu

      Hapus
    2. mungkin tombonya udah rusak yg di bawah yg untuk mutarnya. saklar push bottom nya udah short/kontak

      Hapus
  6. Mau tanya gan.....kalau boster pf dx w9900 yg diganti tr c3355 menjadi tr c3358 dan elco 100uf/35v menjadi 1000uf/35v bisa menghilangkan semut dan bayangan gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk penggantian tr nya saya belum pernah lakukan, tetapi kalau elco sudah pernah , dan hasinya bagus

      Hapus
  7. Mau tanya gan.....kalau boster pf dx w9900 yg diganti tr c3355 menjadi tr c3358 dan elco 100uf/35v menjadi 1000uf/35v bisa menghilangkan semut serta bayangan gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk penggantian tr nya saya belum pernah lakukan, tetapi kalau elco sudah pernah , dan hasinya bagus

      Hapus
  8. Kalo booster toyosaki bagaimana gan elco ukuran 470uf 16v nya ada 4 ukuran 330 ada 3 elco mana yg di ganti

    BalasHapus
  9. Hallo Gan... itu kan elconya ada 3 buah... yg diganti semuanya ato yg mana?...
    Klo berdasarkan gambar yg diganti yg tengah, yg ujung kanan kmn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. lihat di pcb bawahnya setelah dioda penyearah, itu elco sama jalurnya. pararel ama sebelahnya

      Hapus
    2. Owh iya Gan... baru nyadar... maklum newbie...
      Cukup dipasang satu aja berarti ya?...

      Makasih Gan

      Hapus
    3. saya jg newbie gan, iyA gan cukup satu saja. mau keduanya juga boleh asal muat tempatnya.

      Hapus
  10. Sudah saya lakukan penggantian elco, tp tidak ngefek, sama saja.
    Teorinya gmn mas klo ganti elco bisa menguatkan signal TV??

    BalasHapus
    Balasan
    1. judul diatas adalah memaksimalkan kinerja booster, gini mas. dengan menambah farad dari catudaya nya maka tegangan untuk supply nya lebih stabil dan tidak banyak ripple. jadi booster bekerja maksimal. karena arus DC nya lebih murni.

      Hapus

berkomentarlah yang baik dan benar agar dapat membantu sesama, komentar akan saya balas di hari kerja dan jam kerja. jika komentar anda tidak saya balas berarti saya tidak bisa membalasnya dikarenakan saat dibalas tidak muncul komentar anda di postingan saya. mohon berkomentar lagi sampai saya balas. trimakasih, dan harap dimaklumi